Pelaku pembakaran Kantor Kejati Jabar pembacok jaksa Sistoyo

Minggu, 5 Juni 2016 16:38 Reporter : Iman Herdiana
Pelaku pembakaran Kantor Kejati Jabar pembacok jaksa Sistoyo Kebakaran Kejati Jabar. ©2016 merdeka.com/Dian Rosadi

Merdeka.com - Pembakar Kantor Kejati Jabar diduga dilakukan pria berinisial DS. Selama ini DS dikenal kerap melakukan aksi-aksi antikorupsi. Sebelumnya nama DS sempat mencuat karena aksi pembacokan terhadap jaksa yang tersangkut kasus korupsi.

Aksi pembacokan yang dilakukan DS terjadi pada pertengahan 2012. Waktu itu Komisi Pemberantasan Korupsi menangkap tangan Jaksa Kejari Cibinong, Bogor, Sistoyo.

Kasus jaksa Sistoyo kemudian disidangkan di Pengadilan Tipikor Bandung. Dalam suatu agenda sidang, DS melancarkan aksinya. Dia membacokan golok ke kening Sistoyo. Pembacokan ini melukai Sistoyo.

DS pun harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dalam persidangan di PN Bandung, DS divonis Dedi 2,7 tahun. Dia kemudian mendekap di Rutan Kebon Waru, Bandung. Pada 29 Maret 2014 ia bebas.

Di tahun yang sama, Sistoyo terbukti bersalah menerima suap sebesar Rp 100 juta terkait perkara yang ditanganinya. Pengadilan Tipikor Bandung menjatuhkan vonis penjara selama enam tahun dan denda sebesar Rp 200 juta subsider tiga bulan penjara terhadap mantan Kasubag Pembinaan di Kejari Cibinong itu.

Sejak bebas, DS aktif terlibat unjuk rasa antikorupsi. Aksi pembacokannya membuat namanya tidak asing di kalangan PN Bandung maupun Kejati Jabar.

Hingga Minggu (5/6) siang tadi, nama DS kembali disebut-sebut sebagai pelaku pembakaran Kantor Kejati Jabar.

"Sebelum kebakaran, dia (DS) masuk sini (Kantor Kejati). Dia juga bawa bensin," kata Kepala Keamanan Dalam Kantor Kejati Jabar, Memet Rachimat.

Sementara Kepala Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polrestabes Bandung AKBP M Joni membenarkan telah mengamankan pria berinisial DS. Saat ini DS dimintai keterangan di Polsek Bandung Wetan.

Disinggung mengenai tindak kriminal yang pernah dilakukan DS, M Joni mengaku masih mendalaminya.

"Informasi seperti itu masih kita dalami," katanya. [hhw]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini