Pekan Depan, Menko Polhukam akan Panggil Jaksa Agung dan Komnas HAM

Sabtu, 18 Januari 2020 19:00 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Pekan Depan, Menko Polhukam akan Panggil Jaksa Agung dan Komnas HAM Menko Polhukam Mahfud MD. ©2019 Liputan6.com/Ditto Radityo

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD akan memanggil Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Komnas HAM terkait dengan peristiwa Semanggi I dan II. Rencananya pertemuan akan berlangsung pekan depan.

"Minggu depan. Nanti kita lihat saja dan memastikan duduk posisinya seperti apa. Nanti Minggu depan saya panggil," kata Mahfud MD di Hotel Saripan Pasific, Jakarta Pusat, Sabtu (18/1).

Diketahui Jaksa Agung ST Burhanuddin, menyebut peristiwa Semanggi I dan II bukan termasuk kasus pelanggaran HAM berat. Kapuspenkum Kejagung, Hari Setiyono mengatakan, pernyataan Jaksa Agung berdasarkan hasil pansus DPR tahun 2001.

"Ya kan ada pertanyaan DPR, dijawab kan itu yang menyatakan bukan pelanggaran HAM berat berdasarkan hasil keputusan DPR juga Pansus. Makanya disampaikan lagi mengingatkan lagi bahwa Pansus 2001 menyatakan itu. Kalau ditanya ke kami ya jawabannya itu juga," kata Hari di Kantor Kejagung, Jakarta Selatan, Jumat (17/1).

Hari menyebut, Kejagung sudah mempelajari hasil penyelidikan Komnas HAM tentang kasus Semanggi I dan II. Pihaknya menilai tidak ada pelanggaran HAM berat dalam peristiwa itu.

"Hasil penyelidikan yang dilakukan Komnas HAM itu kan kita pelajari apakah itu masuk pelanggaran HAM berat atau tidak. Di pansus sendiri sudah menyatakan demikian mungkin dari hasil penelitian oleh Jampidsus ini demikian," tutur dia. [did]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini