PBNU Harap Kabareskrim yang Baru Dekat dengan Kiai dan Mengayomi Umat

Kamis, 7 November 2019 22:47 Reporter : Iqbal Fadil
PBNU Harap Kabareskrim yang Baru Dekat dengan Kiai dan Mengayomi Umat Gedung Mabes Polri. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Siapa sosok yang bakal menggantikan Idham Aziz sebagai Kabareskrim hingga kini masih dibahas di internal Polri. Siapa pun yang dipilih oleh Kapolri, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berharap sosok tersebut dekat dengan para kiai sehingga bisa mengayomi umat.

"PBNU tidak bisa mengintervensi Polri dalam memilih dan menentukan Kabareskrim baru. PBNU menyerahkan semua mekanisme pemilihannya kepada Polri. Hanya saja PBNU berharap Kabareskrim baru punya program kerja yang berkaitan dengan keumatan," ujar Rais Syuriah PBNU Kiai Mustofa Aqil Siradj dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (7/11).

Bicara soal keumatan, kata Mustofa, tentunya bicara bagaimana caranya umat yang ada di negeri ini bisa hidup damai, tenteram dan bisa menjalankan ibadahnya dengan tenang.

"Tentunya untuk bisa mengayomi umat, sosok Kabareskrim terpilih nantinya tidak perlu sungkan melakukan silaturahmi dan komunikasi dengan ulama,"terangnya.

1 dari 1 halaman

Penanganan Radikalisme

Terkait penanganan radikalisme, Mustofa mengatakan hal itu merupakan tanggung jawab bersama, tidak bisa hanya mengandalkan institusi kepolisian

"Karena saya melihat berbicara radikalisme adalah berbicara kepentingan juga. Ada kepentingan agama, ada kepentingan politik dan ada juga kepentingan lainnya," jelasnya.

Namun demikian kata Mustofa, kepentingan umat sangat penting untuk diperhatikan. [bal]

Baca juga:
Eks Ajudan Jokowi Disebut Kandidat Kabareskrim, Ini Kata Polri
Jika Kabareskrim Diisi Pati Junior, Dikhawatirkan Terjadi 'Perang Bintang'
Idham Azis Naik Jadi Kapolri, Siapa Isi Posisi Kabareskrim Polri?
Idham Azis Jadi Kapolri, Siapa Kabareskrim Tuntaskan Kasus Novel Baswedan?
Usai Pelantikan, Idham Azis Segera Tunjuk Kabareskrim Baru Bereskan Kasus Novel
Bareskrim Polri Turun Tangan Cari Penyebab Listrik Padam di Sebagian Jawa

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini