Ngurah Rai ditutup, Bandara Adi Soemarmo siap terima pengalihan

Jumat, 29 Juni 2018 07:46 Reporter : Arie Sunaryo
Ngurah Rai ditutup, Bandara Adi Soemarmo siap terima pengalihan Bandara I Gusti Ngurah Rai Hentikan Operasional Penerbangan. ©2018 Merdeka.com/Kadafi

Merdeka.com - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali ditutup akibat dampak abu vulkanik Gunung Agung yang kembali mengalami erupsi. Penghentian operasional dilakukan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melalui NOTAMN A2551/18 tanggal 29 Juni 2018. Operasional bandara dihentikan selama 16 jam terhitung pada hari Jumat, (29/6) mulai pukul 03.00 Wita sampai dengan pukul 19.00 Wita.

Dampak ditutupnya I Gusti Ngurah Rai dirasakan di Solo. Penerbangan ke Pulau Dewata dari Solo dan sebaliknya pagi ini harus dibatalkan. Kedatangan pesawat dari Denpasar yang dibatalkan diantaranya Lion JT 561 dengan jumlah penumpang 96 orang yang seharusnya datang pukul 07.50 WIB dan Air Asia XT 8454 dengan 180 penumpang yang dijadwalkan tiba di Solo pukul 11.30 WIB.

Pejabat Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo Danar Dewi mengatakan, selain kedatangan, keberangkatan pesawat ke Bali hari ini juga dibatalkan. Yakni Lion Air JT 924 dengan 215 penumpang pukul 06.00 WIB dan Air Asia XT 8455 berangkat pukul 12.00 WIB dengan 180 penumpang.

"Untuk keberangkatan ada dua penerbangan yang dibatalkan dengan jumlah penumpang total 395 orang," ujar Danar.

Lebih lanjut Danar menyampaikan, atas pembatalan tersebut para penumpang dapat melakukan penjadwalan ulang penerbangan (reschedule), ataupun pembatalan penggunaan tiket (refund) di tempat pembelian tiket dilakukan. Menurutnya, penumpang Air Asia dan Lion Air bisa melakukan semua proses dengan aman dan tertib.

Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo lanjut Danar, juga siap menerima pengalihan penerbangan dari Bandara I Gusti Ngurah Rai. Kapasitas di bandara sangat cukup untuk menampung penambahan pesawat. Dua tempat parkir pesawat juga telah disiapkan jika ada pengalihan. [fik]

Baca juga:
Dampak erupsi Gunung Agung, 12 penerbangan di Bandara Adisutjipto dibatalkan
Terdampak debu vulkanik Gunung Agung, dua bandara di Jatim ditutup
Masih hujan abu vulkanik, ratusan warga lereng Gunung Agung dievakuasi
Hingga pagi ini, Gunung Agung masih muntahkan abu vulkanik
Bandara Ngurah Rai ditutup akibat abu vulkanik Gunung Agung

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini