Nawawi Pantau Sidang Praperadilan Nurhadi: Mudah-mudahan Keluar dari Persembunyian

Selasa, 10 Maret 2020 18:46 Reporter : Merdeka
Nawawi Pantau Sidang Praperadilan Nurhadi: Mudah-mudahan Keluar dari Persembunyian ilustrasi pengadilan. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango menghadiri sidang praperadilan mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA), Nurhadi. Dia berharap, kehadirannya menggugah Nurhadi cs untuk menyerahkan diri ke KPK.

"Mudah-mudahan kehadiran saya di persidangan praperadilan kemarin terbaca dan dapat menggugah saudara NHD (Nurhadi) dan kawan-kawan untuk keluar dari persembunyian dan segera menyerahkan diri," ujar Nawawi saat dikonfirmasi, Selasa (10/3).

Menurut Nawawi, apa yang dilakukan Nurhadi dan tersangka lainnya dalam kasus dugaan suap dan penanganan perkara di MA hanya akan menyusahkan para tersangka. Sebab, para tersangka tak menggunakan waktu dengan baik untuk memberikan keterangan kepada penyidik.

"Terus berusaha sembunyi seperti ini hanya akan menambah keruwetan bagi yang bersangkutan sendiri," kata Nawawi.

1 dari 1 halaman

Diketahui, Nawawi Pomolango turun gunung melihat secara langsung sidang praperadilan Nurhadi di PN Jakarta Selatan pada, Senin 9 Maret 2020. Saat itu Nawawi mengaku memberi semangat kepada tim biro hukum KPK.

Nurhadi dijerat sebagai tersangka karena yang bersangkutan melalui Rezky Herbiono, diduga telah menerima suap dan gratifikasi dengan nilai Rp 46 miliar.

Tercatat ada tiga perkara sumber suap dan gratifikasi Nurhadi, pertama perkara perdata PT MIT vs PT Kawasan Berikat Nusantara, kedua sengketa saham di PT MIT, dan ketiga gratifikasi terkait dengan sejumlah perkara di pengadilan.

Diketahui Rezky selaku menantu Nurhadi diduga menerima sembilan lembar cek atas nama PT MIT dari Direkut PT MIT Hiendra Soenjoto untuk mengurus perkara itu. Cek itu diterima saat mengurus perkara PT MIT vs PT KBN.

Ketiganya kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) lantaran kerap mangkir saat dipanggil baik sebagai saksi maupun tersangka. Meski demikian, ketiganya tengah mengajukan gugatan praperadilan di PN Jakarta Selatan.

Reporter: Fachrur Rozie

Sumber: Liputan6.com [lia]

Baca juga:
Pengusaha Thong Lena Diperiksa KPK Terkait Kasus Nurhadi
KPK Dalami Suap dan Gratifikasi Rp46 M Nurhadi Lewat Dua Adik Ipar
KPK Bentuk Tim Khusus Buru Buron Harun Masiku Hingga Nurhadi
Sidang In Absentia Harun Masiku & Nurhadi, ICW Nilai KPK Tak Serius Buru Tersangka
KPK Geledah Kediaman Nurhadi di Jalan Hang Lekiu dan Patal Senayan
KPK Tak Juga Berhasil Menangkap, Apa Kabar Harun Masiku dan Nurhadi?
KPK Pertimbangkan Buron Nurhadi dan Harun Masiku Sidang In Absentia
KPK Bakal Geledah Sejumlah Tempat Cari Harun Masiku dan Nurhadi

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Nurhadi
  3. KPK
  4. Nawawi Pomolango
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini