Musnahkan 4,1 kg sabu, polisi klaim selamatkan 41 ribu warga Kalbar

Rabu, 17 Oktober 2018 23:53 Reporter : Saud Rosadi
Musnahkan 4,1 kg sabu, polisi klaim selamatkan 41 ribu warga Kalbar Pemusnahan barang bukti di Polda Kalbar. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Polda Kalimantan Barat dan BNN Kalimantan Barat memusnahkan barang bukti 2.157 butir ekstasi dan juga 4,1 kilogram sabu dari 7 kasus narkoba hari ini. Ada 18 orang jadi tersangka. Pemusnahan narkoba itu diklaim menyelamatkan tidak kurang 40 ribu jiwa warga Kalimantan Barat.

Diestimasi, 1 gram sabu bisa dipakai 10 orang. Dengan barang bukti 4,1 kilogram sabu, ada 41 ribu warga Kalimantan Barat, bisa terkontaminasi narkoba jenis sabu.

"Begitu juga kalau 1 butir ekstasi digunakan 3 orang. Maka, akan ada 6.471 orang yang akan terkontaminasi," kata Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Didi Haryono dalam keterangan tertulis, Rabu (17/10) malam.

Didi menerangkan, pemusnahan barang bukti narkoba untuk menghindari penyimpangan barang bukti yang disita.

"Ini sebagai bentuk transparansi tugas kepolisian dan BNN. Sehingga, masyarakat bisa mengetahui barang bukti narkoba yang disita petugas, benar-benar telah dimusnahkan," ujar Didi.

Sebab selama ini, mencuat anggapan dari masyarakat dan stakeholder soal adanya oknum petugas kerap menggelapkan barang bukti narkoba.

"Maka dari itu, tiap pemusnahan, selalu kita gelar konferensi pers, untuk menghindari pandangan miring seperti itu. Menurut aturan barang bukti yang disita memang harus segera dimusnahkan," terangnya.

Didi juga terus mengajak masyarakat, dan stakeholder, ikut membantu memberantas pelaku penyalahgunaan narkoba.

"Dengan cara, turut peduli, memberikan informasi kepada Polri, tentang situasi lingkungan sekitar. Sehingga, dapat kita tindak lanjuti dengan kegiatan kepolisian," tandas Didi. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini