Muncul Klaster Covid-19 Senam Sehat di Bantul

Kamis, 14 Oktober 2021 17:49 Reporter : Purnomo Edi
Muncul Klaster Covid-19 Senam Sehat di Bantul Ilustrasi corona. ©2020 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Sempat melandai, penularan kasus positif Covid-19 di DIY kembali bertambah. Kali ini muncul klaster senam sehat di Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul. Hingga Kamis (14/4) jumlah pasien positif Covid-19 dari klaster ini mencapai 14 orang.

Dari 14 orang diketahui tiga orang harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19. Tiga orang ini harus dirujuk karena diketahui bergejala Covid-19.

Kepala Puskesmas Bambanglipuro, Tarsisius Glory, menjelaskan awalnya penularan terjadi karena kegiatan senam sehat warga. Dari tracing senam sehat ini diketahui ada 9 orang yang terpapar.

Glory menjabarkan, kasus penularan ini terungkap saat ada salah seorang warga yang akan pergi ke Kalimantan. Untuk syarat perjalanan ke Kalimantan diharuskan menjalani tes swab.

Dari hasil swab ini diketahui warga itu diketahui positif Covid-19. Kemudian dilakukan tracing oleh pihak Puskesmas.

Dari tracing diketahui ibu warga itu juga dinyatakan positif Covid-19. Ibu warga itu diketahui sempat ikut senam sehat warga. Kemudian dilakukan tracing lagi dan diketahui 9 warga positif.

Glory mengungkapkan dari 9 orang positif itu kemudian ditracing dan diketahui ada 13 orang kontak erat. Glory menjabarkan kemudian pihak Puskesmas melakukan tes PCR. Hasilnya, dari 13 orang ini 5 orang diketahui positif Covid-19.

"Total kasus klaster senam ini ada 14 orang," kata Glory saat dihubungi wartawan, Kamis (14/10).

"9 Orang yang dinyatakan positif Covid-19 diketahui tidak bergejala. Mereka menjalani isolasi mandiri," sambung Glory.

Glory menambahkan untuk tambahan 5 orang diketahui ada 3 orang yang bergejala. Kemudian 3 orang ini dirujuk ke Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 di Bambanglipuro, Kabupaten Bantul. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini