Menpora bangga jadi pembawa obor di pembukaan Asian Para Games

Minggu, 7 Oktober 2018 15:51 Reporter : Ibnu Fauzi
Menpora bawa obor Para Games. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menpora Imam Nahrawi mendapat kepercayaan menjadi salah satu bagian sejarah pembukaan Asian Para Games 2018. Pada pembukaan tersebut, Menpora dipercaya menjadi orang kedua membawa api obor untuk pembukaan Asian Para Games 2018 di Gelora Bung Karno, Sabtu (6/10) malam.

"Ini suatu kebangaan bagi saya, bisa langsung membawa api obor pada pembukaan Asian Para Games 2018. Ini menjadi bagian sejarah berharga hidup saya," kata Menpora.

Sebelumnya, orang pertama yang memegang api obor pada pembukaan Asian Para Games 2018 adalah Ketua National Paralympic Committee (NPC), Senny Marbun. Dengan menggunakan kursi roda, Senny penuh semangat mengarahkan kursi rodanya kepada Menpora yang sudah menunggu.

Setelah menerima dari Senny, Menpora yang menggunakan pakaian olahraga biru bermotif logo Asian Para Games 2018 lari dengan tegap menuju pelari ketiga yang sudah menunggu yakni Sekjen National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Pribadi.

Selanjutnya, api obor terus dibawa dan diberikan orang ke empat yakni Soeharto menyumbang medali emas untuk Indonesia di ajang Far East and South Games for Disabled (Fespic) Games Tahun 1976 dan 1977.

Terakhir api obor dibawa oleh Jendi Pangabean Peraih 5 Emas ASEAN Para Games 2017 yang akhirnya disulutkan di belakang background panggung, yang serentak api merambat ke Kaldron yang persis di belakang panggung.

Asian Para Games resmi dimulai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka ajang Asian Para Games 2018 di Gelora Bung Karno, Sabtu (6/10) malam. Pertunjukkan mewah dengan tatanan cahaya yang apik, penampilan tarian kolosal budaya Indonesia yang megah, hingga kembang api menjadi tanda dimulainya Asian Para Games 2018.

"Dengan mengucap Bismillaahirrahmaanirrahiim saya menyatakan dengan resmi Asian Para Games 2018 dibuka. Selamat berjuang, sukses. Atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya bangga menyambut kehadiran bapak, ibu dan saudara-saudara, tamu-tamu istimewa dari 43 negara," kata Presiden.

"Melalui Asian Para Games 2018 ini kita ingin merayakan persaudaraan. Kita menunjukkan kegigihan dan prestasi dan kita ingin menjunjung tinggi kemanusiaan," tambahnya.

Sebelum membuka secara resmi, Jokowi menyambut kehadiran tamu istimewa dari 43 negara yang berpartisipasi. Dia berharap, melalui Asian Para Games 2018 semua dapat mempererat persaudaraan, memupuk kegigihan prestasi, dan menjunjung tinggi kemanusiaan.

Upacara pembukaan dibuka dengan efek visual relief candi dan sejumlah ikon keberagaman. Awalnya, relief di candi terlihat seperti statik, namun lama-kelamaan, tampak sebagian relief tersebut adalah para penari. Ada 20 orang penari, termasuk 5 orang disabilitas berada di permukaan cand. Para penari membawakan properti dan ikon yang melambangkan 5 agama di Indonesia.

Panggung upacara pembukaan Asian Para Games 2018 berbentuk melengkung menyerupai garis ekuator yang melintasi Indonesia berwarna merah. Selanjutnya ada tulisan "We Are One" berwarna putih yang merupakan tema Upacara Pembukaan. "We Are" menunjukkan asal peserta dan penonton dari satu benua terbesar di dunia sedangkan "One" memiliki arti satu bisa menjadi banyak dan dari banyak bisa menjadi satu. "We Are One" adalah kisah tentang bangsa yang memiliki keberagaman dalam darahnya.

Asian Para Games 2018 mengangkat tema Inspiring Spirit And Energy of Asia. Ajang olahraga itu digelar selama 6-13 Oktober 2018 dengan mempertandingkan 18 cabang olahraga yang diikuti 2.888 atlet untuk memperebutkan 568 medali. [paw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini