Menko Puan: Bangsa Indonesia bangga bisa jadi tuan rumah Asian Games kedua kalinya

Minggu, 19 Agustus 2018 12:07 Reporter : Rohimat Nurbaya
Menko Puan: Bangsa Indonesia bangga bisa jadi tuan rumah Asian Games kedua kalinya Menko PMK Puan Maharani saat pembukaan Asian Games. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menghadiri opening ceremony Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu malam (18/8). Menko PMK menyatakan bahwa Asian Games 2018 Jakarta Palembang merupakan kerja bersama, rakyat Indonesia.

"Seluruh rakyat Indonesia merasa bangga, kita dapat menjadi tuan rumah Asian Games untuk yang kedua kalinya," ujar Puan.

Puan menuturkan, Opening Ceremony Asian Games menampilkan beragam kekayaan budaya bangsa. Acara pembukaan diawali dengan persembahan Tari Saman, yang dilanjutkan dengan parade negara peserta Asian Games 2018. Pembukaan juga menampilkan keragaman khas tarian dan lagu daerah Indonesia yang dikemas dalam tari kolosal.

Menko PMK Puan Maharani saat pembukaan Asian Games ©2018 Merdeka.com

Pembukaan Asian Games ini secara resmi dibuka langsung oleh Presiden Jokowi Widodo (Jokowi). "Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Asian Games ke-18 tahun 2018, saya nyatakan dibuka", kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia merasa bangga dan terhormat, kedatangan tamu-tamu terhormat dari 45 negara. "Dalam Asian Games ke-18, kita bangsa-bangsa se-Asia ingin menunjukkan bahwa kita bersaudara, kita bersatu, kita ingin meraih prestasi," tutur Presiden.

Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC), Erick Thohir menyampaikan, bahwa dalam Asian Games 2018, 40 negara berkumpul untuk merayakan keberagaman, perbedaan, kemanusiaan, dan saling menularkan energi bangsa yang beragam dalam satu kesatuan dan harmoni, the Energy of Asia.

Menko PMK Puan Maharani saat pembukaan Asian Games ©2018 Merdeka.com


"Welcome to Indonesia, the Energy of Asia. Indonesia percaya Asia adalah sebuah benua menakjubkan yang memiliki jumlah suku etnis terbanyak di dunia," terang Erick.

Ditambahkan Erick, rakyat Indonesia dengan bangga menyambut kedatangan saudara-saudara sebagai pahlawan sejati Asia. Seraya mengajak seluruh peserta untuk menginspirasi dunia, menciptakan masa depan Asia yang sentosa dan beradab, serta dunia yang damai.

"Marilah kita bertanding dengan nilai-nilai sportivitas untuk menjadikan yang terbaik sehingga dikenang di masa mendatang," imbuhnya.

Kemeriahan Asian Games 2018 terlihat dari kemegahan panggung yang dibangun sebesar dengan ukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, serta tinggi 26 meter. Panggung menampilkan pemandangan gunung yang besar dan dilengkapi dengan berbagai tumbuhan ciri khas Indonesia. Penampilan sekitar 5.000 penari juga semakin menambah semarak pesta pembukaan.

[hhw]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini