Menko Polhukam Hadiri Pelantikan Presiden Timor Leste: Wujud Kesiapan Kerja Sama

Jumat, 20 Mei 2022 18:20 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Menko Polhukam Hadiri Pelantikan Presiden Timor Leste: Wujud Kesiapan Kerja Sama Menko Polhukam Hadiri Pelantikan Presiden Timor Leste. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, menghadiri pelantikan Presiden Timor Leste Ramos Horta, Kamis (19/5) malam di Dili, Timor Leste. Mahfud hadir sebagai utusan khusus Presiden Joko Widodo dalam menghadiri acara pelantikan Presiden Timor Leste dan perayaan ke-20 tahun kemerdekaan Timor Leste.

"Kehadiran Indonesia memenuhi undangan yang disampaikan Pemerintah Timor Leste, adalah wujud kesiapan Indonesia sebagai negara tetangga terdekat untuk melakukan kerja sama yang saling menguntungkan dengan Timor Leste," kata Mahfud.

Dikutip dalam keterangan pers, upacara pelantikan dilakukan dalam sesi khusus Parlemen Nasional Timor dengan dihadiri para undangan dari berbagai negara. Uniknya adalah pelantikan dilakukan menjelang tengah malam.

Bagi Ramos Horta sendiri, jabatan presiden ini adalah yg kedua. Jabatan pertama disandangnya di tahun 2007-2012. Tiga orang lain yg pernah menjabat presiden Timor Leste adalah Xanana Gusmao (2002-2007), Taur Matan Ruak (2012-2017), dan Francisco Guterres Lu Olo (2017-2022).

Berikan Undangan Dari Jokowi

Sebelumnya Mahfud menyampaikan undangan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada menyampaikan salam dan mengundang Ramos untuk berkunjung ke Indonesia. Tidak lupa, Mahfud juga menyambut baik sekaligus mengucapkan selamat atas terpilihnya Ramos sebagai presiden.

"Saya juga menyampaikan undangan dari Presiden Jokowi kepada beliau untuk berkunjung ke Indonesia," ungkapnya. [rhm]

Baca juga:
Timor Leste Adopsi Piagam Persaudaraan Kemanusiaan sebagai Dokumen Nasional
Gara-gara Ambil Jeriken Minyak di Timor Leste, WNI Dideportasi
Masuk Lewat Jalur Tikus, Satu Keluarga Dideportasi Dari Timor Leste
Jelang Pilpres Timor Leste, Indonesia Diminta Perketat Perbatasan
Cuma Belajar Sendiri, Gadis Timor Leste ini Pintar Banget Bahasa Indonesia
Terseret Ombak ke Indonesia, Dua Nelayan Timor Leste Dideportasi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini