Menikmati pesona keindahan alam di Bukti Tranggulasih Banyumas

Sabtu, 1 Juli 2017 10:03 Reporter : Abdul Aziz
Menikmati pesona keindahan alam di Bukti Tranggulasih Banyumas Bukit Tranggulasih Banyumas. ©2017 Merdeka.com/Abdul Aziz Rasjid

Merdeka.com - Bukit Tranggulasih di Desa Windujaya, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, bisa jadi pilihan mengakhiri libur lebaran berkesan mendekatkan diri pada alam. Di bukit dengan ketinggian 750 mdpl ini, sejauh mata memandang hamparan alam terbentang dan pengunjung bisa melihat wilayah kota Purwokerto dari arah Baturraden sebelah utara.

Bukit ini juga disebut-sebut sebagai pesona tersembunyi di kaki Gunung Slamet. Lokasi ini kerap menjadi andalan untuk berkemah. Menikmati matahari terbit, jadi momen kerap dinanti para pengunjung bukit Tranggulasih.

Ketua Pokdarwis Surya Mekar pengelola Bukit Tranggulasih, Waryo, mengatakan selama libur lebaran ini Tranggulasih memang banyak dikunjungi wisatawan luar kota kebetulan mudik ke Banyumas. Rata-rata dari mereka memilih mendirikan tenda menginap di bukit, datang secara berkelompok 4-8 orang. Mereka ingin menikmati indahnya matahari terbit juga melihat wilayah kota Purwokerto pada malam hari ditaburi cahaya lampu.

"Kebanyakan camping, ada yang dari Ciamis, Madura juga Padang. Di bukit Tranggulasih ini memang operasional 24 jam. Kami sampai kekurangan tenda untuk disewakan selama libur lebaran ini," kata Waryo pada merdeka.com, Sabtu (1/7).

Bagi pengunjung tidak ingin bermalam, di bukit ini juga tersedia berbagai tempat berfoto dengan latar belakang bukit menjulang dan hamparan langit biru. Lokasinya juga dibuat beraneka ragam dan unik, mulai dari jembatan, sampai framing-framing unik dibuat dari bahan kayu atau akar.

"Tempat berswafoto memang kami siapkan bagi para pengunjung yang ingin mengabadikan momen di bukit ini. Di libur lebaran ini catatan kami per hari sampai seribu pengunjung. Kalau hari-hari biasa paling hanya 200," imbuhnya.

Salah seorang pengunjung dari Boyolali yang mudik ke Banyumas, Aris Andrianto mengatakan memang sengaja meluangkan waktu di akhir libur lebaran untuk menikmati kota Purwokerto dari ketinggian. Sebenarnya, ia sudah banyak mendengar informasi tentang keindahan bukit ini, tapi memang baru sempat mengunjungi di libur lebaran. Menurutnya selain pemandangan yang mempesona, di Tranggulasih menariknya tetap bisa menikmati sajian khas Banyumas yakni mendoan.

"Asyik sih. Datang ke sini jadi pingin bikin puisi. Gak capek juga, karena gak terlalu menanjak. Bawa pacar juga oke di sini," kata Aris. [ang]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini