Mengupas Asal Muasal Tenda Kemah Jokowi di IKN

Senin, 14 Maret 2022 17:14 Reporter : Dedi Rahmadi
Mengupas Asal Muasal Tenda Kemah Jokowi di IKN Jokowi dan Para Menteri Duduk di Kursi Lipat Depan Tenda Kemping. ©2022 Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkemah di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Jokowi akan tidur di tenda yang sudah disiapkan oleh pihak Istana.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyebut tenda yang dipakai Jokowi untuk kemah merupakan tenda yang dibeli saat gempa Poso, Sulawesi Tengah pada 2019. Namun, tenda itu belum sempat dipakai Jokowi saat itu.

"(Tenda) udah lama banget. Tahun 2019 saat gempa Poso tahun berapa ya. Belum sempat dipakai saat gempa dulu," kata Heru kepada Liputan6.com, Senin (14/3/2022).

Adapun tenda yang dipakai Jokowi adalah merek impor yakni, Quechua Arpenaz. Pihak Istana tidak membeli ulang untuk kemah di IKN Nusantara karena tenda tersebut masih tampak bagus dan belum sempat terpakai.

"Itu tenda inventaris udah lama punya Setpres (Sekretariat Presiden). Udah lama inventaris," jelasnya.

"Sama sisa stok jaman dulu juga. Tenda sudah lama bukan beli baru," ucap Heru.

2 dari 4 halaman

Tenda Jokowi dan Iriana

Heru Budi Hartono mengungkapkan Jokowi akan berkemah di area perkemahan yang telah disiapkan yakni sekira 2,7 kilometer dari titik nol. Dia mengungkapkan tenda Jokowi memiliki beberapa fasilitas. Mulai dari tenda yang berisi tempat tidur, meja lipat dan kursi.

Tak hanya itu, ada juga kamar mandi darurat. Terlihat terdapat kloset duduk, ember hingga shower. Heru menuturkan alasan kamar mandi darurat tersebut menggunakan shower dibandingkan dengan gayung. Menurutnya, dengan shower lebih hemat air dibandingkan dengan gayung.

"Kalau gayung kan boros. Shower biar hemat karena air terbatas. Kalau 5 gayung itu satu shower sudah cukup untuk mandi. Tetapi kalau gayung bisa satu ember satu orang, kira-kira begitu," bebernya.

Dia menuturkan tidak ada fasilitas lain. Hanya ada kasur, kloset duduk, hingga shower dan tidak ada pendingin ruangan (AC). "Enggak ada," pungkasnya.

Heru menjelaskan makan yang disediakan biasa saja. Seperti kue dan buah. Tetapi ada yang tidak dilupakan Jokowi yaitu membawa mie instan.

"Makanan biasa saja kue dan buah. Enggak ada (makanan khusus). Paling Indomie, ada" ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Fogging untuk Mencegah Malaria

Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo menjelaskan beberapa tim paspampres sudah bersiap di sana. Dia menjelaskan timnya sudah melakukan pencegahan. Mulai dari lokasi yang akan ditempati Jokowi berkemah juga sudah dilakukan penyemprotan fogging untuk mencegah malaria. Tak lupa para tim sudah melakukan swab untuk memastikan kesehatan mereka sesuai dengan protokol kesehatan.

"Kita sudah melaksanakan pencegahan malaria, sudah di fogging yang ada di sana keamanan lainnya yaitu di sekitar tenda-tenda di sekitaran vvip," kata Tri Budi Utomo dalam saluran YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (13/3).

Tidak hanya itu, pihaknya juga sudah menyiapkan garam hingga bisa anti ular. Hal itu disiapkan untuk mencegah munculnya binatang di lokasi kemah Jokowi.

"Garam dan sebagainya untuk mengantisipasi binatang melata dan itu kita siapkan bisa anti ular, mudah-mudahan berguna tapi semoga tidak terpakai," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Tenda Menteri

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa sempat memamerkan isi tenda yang ditempatinya.

"Ini tempat tidur saya. Ternyata ada listriknya," kata Suharso dikutip dalam cuplikan video di akun instagramnya dikutip merdeka.com, Senin (14/4).

Tidak hanya itu Suharso juga menunjukan tenda yang dihuni Jokowi. Terlihat tenda mantan Gubernur DKI Jakarta itu terletak di bagian atas tidak sejajar dengan para menteri.

"Presiden di atas," katanya sambil memperlihatkan lokasi tenda milik Jokowi.

Selanjutnya, Suharso juga menunjukan lokasi kamar mandi darurat di glamping IKN. Terlihat ada kloset duduk, shower hingga ember.

"Ini kamar mandi di glamping IKN ini. Darurat tapi lumanyan. Ada ember ada lampu," kata Suharso sambil memperlihatkan isi kamar mandi itu. [ded]

Baca juga:
Gaya Jokowi dan Para Menteri Duduk di Kursi Lipat Depan Tenda Kemping
Ritual Penyatuan Tanah dan Air di IKN Hal Baik, Tak Perlu Dipermasalahkan
Melihat Ritual Kendi Nusantara Jokowi di Titik Nol IKN
Presiden Jokowi Tiba di Lokasi Kemah IKN, Langsung Bincang Santai dengan Para Menteri
Kamar Mandi saat Jokowi Kemah di IKN Pakai Shower, Istana: Hemat dan Tidak Boros Air
Jokowi Berkemah di IKN, DPR Imbau Hati-hati Daerah Hutan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini