Menelisik Pesawat Baru Kepresidenan Jenis Apa yang akan Disewa Jokowi?

Sabtu, 29 Februari 2020 06:00 Reporter : Syifa Hanifah
Menelisik Pesawat Baru Kepresidenan Jenis Apa yang akan Disewa Jokowi? pesawat garuda berlogo republik indonesia. ©2020 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Kabar pemerintahan Jokowi akan membeli pesawat baru kepresidenan berembus di media sosial. Dalam sebuah foto, diperlihatkan sebuah pesawat tipe Boeing 777-300 ER dicat putih dan bertuliskan 'Republik Indonesia'.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menjawab isu tersebut. Dia membantah adanya pembelian pesawat yang memiliki logo 'Garuda Indonesia' itu. Namun demikian, dia mengakui bahwa ada rencana dari Istana untuk menyewa pesawat jika Presiden Jokowi berkunjung ke suatu negara yang jarak tempuhnya cukup jauh.

Sebab, pesawat kepresidenan yang ada saat ini tidak bisa menempuh jarak jauh. "Enggak, enggak, ya nanti kalau ada perjalanan jauh kemungkinan kita baru (sewa)," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (28/2).

Diketahui, pesawat kepresidenan yang ada saat ini, berjenis Boeing Bussines Jet (BBJ) 2 tipe 737-800. Apabila melakukan perjalanan jauh seperti ke Amerika Serikat, pesawat itu harus melakukan transit terlebih dahulu. Sebagai informasi, jarak Jakarta-Amerika Serikat sekitar 15.879 km.

Berikut ulasan seputar pesawat kepresidenan yang ada saat ini dan kemungkinan jenis pesawat baru yang bakal disewa Istana.

Baca Selanjutnya: Boeing 737-800...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini