Menag sebut santri punya tanggung jawab besar menjaga NKRI

Rabu, 28 Maret 2018 22:00 Reporter : Purnomo Edi
Menag sebut santri punya tanggung jawab besar menjaga NKRI Menag berikan beasiswa kepada santri. ©2018 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan santri memiliki peranan yang besar dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini disampaikan Menag saat memberikan beasiswa kepada santri untuk jenjang pendidikan S1 di Gedung Multipurpose, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Rabu (28/3).

"Pemerintah punya komitmen tinggi menempatkan santri pada posisinya agar mampu menjaga dan merawat konsistensi bangsa ini. Salah satu buktinya adalah dengan ditetapkannya Hari Santri oleh pemerintah," ujar Menag dalam pidatonya.

Menag menyampaikan Hari Santri yang telah ditetapkan oleh pemerintah, jangan dilihat sebagai apresiasi atau penghargaan kepada santri. Tetapi, kata Menag musti dilihat bahwa pemerintah memberikan tanggung jawab besar kepada santri.

"Harus dimaknai penetapan Hari Santri hakikatnya adalah pemberian tanggung jawab pada santri terhadap nasib bangsa. Bukan sebagai pengakuan eksistensi kaum santri," terang Menag.

Menag menjabarkan bahwa santri memiliki tanggung jawab untuk menjaga keutuhan bangsa. Salah satunya dengan menjaga agar NKRI tetap utuh.

"Kita harus melihat 10, 20, 100 hingga 200 tahun ke depan. Ciri keIndonesian musti terpelihara dengan baik. Kaum santri memiliki peranan yang besar untuk memelihara ciri KeIndonesiaan tersebut," urai Menag.

Menag menambahkan kehidupan ke depan akan semakin kompetitif, semakin keras dan tajam. Untuk menjaga KeIndonesiaan ke depannya, santri memiliki posisi yang strategis.

"Santri menduduki posisi strategis. Tidak hanya secara tanggung jawab tetapi juga mesti menjaga kemajemukan dan keberagaman dalam sisi positif untuk Indonesia ke depannya," tutup Menag. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini