Membandingkan gaya sehari-hari Ani SBY dengan Iriana Jokowi

Kamis, 8 Januari 2015 06:30 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
Membandingkan gaya sehari-hari Ani SBY dengan Iriana Jokowi

Merdeka.com - Menjadi seorang istri presiden menjaga penampilan sangatlah perlu diperhatikan. Namun nampaknya ungkapan itu tak berlaku bagi Iriana Jokowi.

Semenjak menyandang status ibu negara 20 Oktober silam, istri dari Jokowi ini selalu tampil apa adanya. Tak mesti menggunakan pakaian formal. Sepertinya itulah yang dicerminkan ibu tiga anak itu kepada masyarakat.

Kendati begitu banyak juga yang menyesalkan penampilannya. Sebagai ibu negara Iriana sudah selayaknya memikirkan penampilannya.

"Saya rasa ke depan, beliau (Iriana) harus ada pendamping, ada penasihat yang mengajarkan mereka soal bagaimana berpenampilan seorang ibu negara. Seperti di Amerika begitu, ibu negara memiliki konsultan pendamping. Itu yang kurang dipahami ibu negara kita kecuali di zaman Pak Harto, Bu Tien, dan Soekarno," kata salah satu desainer ternama di Tanah Air, Musa saat berbincang dengan merdeka.com Jumat (6/6) silam.

Jika menelisik penampilan sehari-hari Iriana ini justru berbalik dengan pendahulunya Ani Yudhoyono. Apabila Iriana kerap mengenakan kemeja putih dipadu celana warna hitamnya, Ani justru terkesan mencolok dengan pakaian dan balutan make-up yang dikenakannya.

Lantas bagaimanakah cara berpakaian keduanya sehari-hari? Berikut rangkuman merdeka.com Kamis (8/1):

1 dari 3 halaman

Ani modis, Iriana sederhana

iriana sederhana rev1Iriana Jokowi. ©2014 Merdeka.com

Soal penampilan, Ibu Ani sangat menjaganya. Terbukti saat mendampingi Presiden SBY dalam berbagai kesempatan, Ibu Negara tampak tampil modis. Seperti saat mendampingi SBY menghadiri peringatan HUT SAR di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (5/3) silam.

Ibu Ani juga mengenakan kacamata hitam. Selain untuk fashion, kacamata hitam itu juga untuk mengurangi panasnya matahari. Ibu Negara juga sering menggunakan sepatu, baju atau pun tas yang bermerek.

Penampilan ini sangat kontras dengan yang ditampilkan Iriana Jokowi. Di setiap kesempatan mendampingi Presiden Jokowi, Iriana kerap tampil apa adanya dengan balutan batik dan selendang sederhananya. Tak jarang ia juga hanya menggunakan kemeja putih seperti yang dilakukan suaminya.

Sebetulnya cara berpenampilan seperti itu bukan cuma kali ini saja. Konon saat penampilan demikian dilakukannya sejak suaminya masih menjabat sebagai Wali Kota Solo, Jawa Tengah. Sebab itulah yang membuat Jokowi terpesona kepadanya.

"Dia sederhana dan ndeso banget," kata Jokowi suatu ketika.

2 dari 3 halaman

Iriana ngaku tak aktif instagram seperti Ani

tak aktif instagram seperti ani rev1Akun Instagram Ibu Ani Yudhoyono. ©2013 Merdeka.com

Selama mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono, sosok ibu negara Ani Yudhoyono kerap menarik perhatian masyarakat. Salah satunya karena aktivitasnya di media sosial Instagram.

Ani Yudhoyono termasuk aktif mengupload foto-foto hasil bidikannya ke akun instagram pribadinya @aniyudhoyono. Bahkan, tidak jarang aktivitasnya di media sosial melahirkan kontroversi dan berbuntut panjang.

Berbeda dengan Ani Yudhoyono, Iriana mengaku tidak akan aktif menyapa dan bersosialisasi dengan netizen di media sosial. Salah satunya karena istri dari Joko Widodo ini mengaku tidak mengerti dunia media sosial.

"Nggak ngerti aku itu apa. Wes nggak usah neko-neko (macem-macem)," kata Iriana saat santai bersama suaminya di kediaman mereka, Jalan Kutai Utara, Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (27/7).

Iriana mengaku tidak mengetahui aktivitas Ani Yudhoyono di media sosial instagram dan kerap berbagi informasi dan momen melalui sebuah foto.

"Makanan apa itu (instagram)? Enak nggak?," ujarnya sambil tersenyum.

3 dari 3 halaman

Kepanasan Ani pakai kipas elektrik, Iriana cuek

pakai kipas elektrik iriana cuek rev1Iriana Jokowi. ©2014 Merdeka.com

Ketika mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri peringatan ulang tahun Badan SAR Nasional (Basarnas) ke 42. Ibu Ani dan SBY mengikuti keseluruhan acara termasuk simulasi yang dilakukan personel rescue SAR.

Cuaca yang sangat terik di Pelabuhan Merak ini membuat ibu negara tampak kepanasan. Pantauan merdeka.com, Ibu Ani membawa-bawa kipas elektrik kecil di tangannya.

Di tengah kesempatan, Ibu Ani menyalakan kipas elektrik tersebut ke lehernya. Termasuk saat peninjauan KN Pacitan yang baru diresmikan maupun menonton simulasi personel rescue SAR.

Ibu Ani juga tampak mengganti bajunya. Semula, saat datang Ibu Ani mengenakan baju Dharma Wanita khas Basarnas warna oranye muda. Namun, saat peninjauan, Ibu Negara itu mengenakan baju kotak-kotak warna kuning yang hampir menyerupai baju sebelumnya.

Agar tidak silau, Ibu Ani juga mengenakan kacamata hitam. Namun meski tampak kepanasan, Ibu Ani masih meladeni prajurit TNI AL dan personel SAR yang ingin berfoto bersama.

Sementara itu saat mengikuti arak-arakan usai pelantikan di MPR, istri Presiden Joko Widodo (Jokowi) Iriana ikut naik kereta kuda bersama istri Jusuf Kalla, Mufidah. Kedua Ibu Negara itu naik kereta kuda di belakang iring-iringan Jokowi dan JK.

Setibanya di depan gerbang Istana Merdeka, mereka turun dari kereta kuda. Iriana mengaku senang dengan acara arak-arakan dan naik kereta kuda.

"Panas tetapi senang," kata Iriana sembari tersenyum, Senin (20/10).

Iriana kemudian bersama rombongan berjalan kaki memasuki Istana. Di sana, SBY beserta jajarannya sudah menanti. [did]

Baca juga:
Gaya natural Ibu Ani, ngulek sambal tanpa make up
Punya banyak kenangan, Iriana Jokowi sedih Pasar Klewer hangus
Taman Safari dapat kado satwa
Kompak dengan istri, Jokowi sebut ibu surga terlihat di dunia
Jokowi dan Iriana bagi-bagi duit buat para ibu di Ciracasirir

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini