Megahnya pembukaan Asian Games 2018 memadukan empat elemen bumi

Sabtu, 18 Agustus 2018 21:14 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Megahnya pembukaan Asian Games 2018 memadukan empat elemen bumi Pembukaan Asian Games 2018. ©2018 Liputan6.com/Fery Pradolo

Merdeka.com - Upacara pembukaan Asian Games 2018 disuguhkan empat segmen elemen di panggung raksasa yang berlatar belakang gunung berapi, air terjun dan tanah hijau yang hidup di udara sejuk. Secara bergantian, keindahan segmen merasuk para penonton di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). Tema-tema tersebut berganti diiringi parade 44 negara peserta Asian Games.

Pertama elemen air. Segmen ini menggambarkan samudra biru yang menyatukan ribuan pulau di Indonesia. Dimulai Dari samudera yang bergejolak, merepresentasikan konflik di masa awal sejarah Indonesia. Kemudian air hadir menjadi penyatu, menenangkan gejolak dan membawa kedalaman bagi semua pulau.

Selanjutnya elemen Bumi. Inilah segmen di mana keindahan Indonesia dilambangkan dalam gerakan yang menggambarkan ragam budaya, warna, ekspresi dan perspektif yang terjaga hingga ke masa kini. Segmen ini juga menampilkan cinta dan dedikasi anak Indonesia kepada bumi. Representasi tradisi dalam segmen ini bertujuan mengemas ragam budaya dalam tarian ritual dan tarian perang.

Kemudian elemen angin, segmen yang mencerminkan para leluhur bangsa Indonesia yang memiliki kebijaksanaan, kekuatan dan nasionalisme yang tinggi. Di segmen ini angin digambarkan sebagai kekuatan yang tumbuh dan menyebarkan daya hidup, mewariskan nilai nilai bangsa dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Terakhir elemen Api. Bermakna keberanian dan semangat berkompetisi bangsa Indonesia. Dalam segmen ini, api dan lava menghidupkan jiwa dan raga bangsa yang berakar pada bumi. Api akan menjadi semangat dan inspirasi para pejuang olahraga, menyorakkan mereka menuju ke kemenangan di 18th Asian Games 2018.

Setelahnya, para hadirin menyaksikan aksi Paskibra dan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama. Acara juga diisi dengan mengheningkan cipta sejenak untuk mendoakan para korban musibah gempa bumi yang mengguncang Nusa Tenggara Barat, Lombok.

Para penonton juga dihibur dengan pedangdut cantik Via Vallen yang membawakan lagu tema asian games 2018. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Asian Games 2018
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini