May Day, 20 ribu buruh Bekasi gelar aksi ke Jakarta

Senin, 1 Mei 2017 10:16 Reporter : Adi Nugroho
May Day, 20 ribu buruh Bekasi gelar aksi ke Jakarta Demo buruh. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - 20 Ribu buruh di Bekasi, Jawa Barat, bertolak ke Jakarta untuk memperingati hari buruh Internasional, Senin (1/5). Wakil Presiden FSPMI Obon Tabroni mengatakan, ribuan buruh tersebut berkumpul di sejumlah titik yang sudah ditentukan sebelum berangkat ke Jakarta.

"Titik kumpulnya di Omah Buruh, Kawasan Industri MM 2100, Ejip, Jababeka, Hyundai, dan kawasan lainnya," kata Obon di Bekasi, Senin (1/5).

Menurut dia, ribuan buruh tersebut bertolak ke Jakarta menggunakan bus via tol Jakarta-Cikampek. Sedangkan bagi yang membawa kendaraan roda dua menggunakan jalur arteri Kalimalang.

"Sebagian sudah berangkat ke Jakarta untuk bergabung dengan buruh lain dari berbagai wilayah," kata dia.

Menurut dia, aksi kali ini menuntut pemerintah menghapus PP nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan. Buruh meminta agar penentuan upah melalui perundingan.

"Kami juga meminta pemerintah menghapus sistem magang," ujarnya.

Sementara itu, aparat Polres Metro Bekasi melakukan penjagaan ketat di sejumlah perusahaan yang masih produksi di Kabupaten Bekasi meski di hari libur perayaan hari buruh. "Kami sudah membentuk tim anti sweeping," kata Kapolres Metro Bekasi Kombes Asep Adi Saputra.

Asep mengatakan, tim tersebut melakukan penjagaan di sejumlah perusahaan, khususnya di perusahaan yang tak mematikan mesin produksinya. "Kami akan menindak tegas jika ada sweeping kepada perusahaan yang mesinnya tidak mati," kata dia.

Sejauh ini, kata dia, ada senam perusahaan di Kabupaten Bekasi yang mesinnya tetap menyala. Karena itu, perusahaan itu dilakukan penjagaan ketat.

Selain berjaga di perusahaan, kata dia, ribuan polisi melakukan penjagaan di sejumlah objek vital seperti pintu tol, kantor pemerintahan, dan lainnya.

"Kami melakukan pengawalan terhadap buruh yang bertolak ke Jakarta," ujarnya. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini