Marsekal Pertama Trisno Hendradi dilantik jadi Sesmil Presiden

Selasa, 8 November 2016 14:25 Reporter : Supriatin
Marsekal Pertama Trisno Hendradi dilantik jadi Sesmil Presiden Pelantikan Trisno Hendradi. ©2016 Merdeka.com/supriatin

Merdeka.com - Menteri Sekretaris Negara, Pratikno melantik Marsekal Pertama TNI Trisno Hendradi menjadi Sekretaris Militer Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggantikan Marsekal Muda TNI Hadi Tjahjanto. Pelantikan ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 120/TPA/Tahun 2016 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dalam jabatan pimpinan tinggi madya di lingkungan kementerian Sekretariat Negara dan Sekretariat Kabinet.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan pengangkatan Trisno Hendradi menjadi Sekretaris Militer Presiden sudah melewati pertimbangan berbagai hal. Termasuk di dalamnya pertimbangan dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Kami terima surat lewat panglima soal pengangkatan ini dan pak Hadi kan sudah dipromosikan menjadi Dirjen Kementerian Pertahanan dan lolos di Tim Penilai Akhir (TPA)," ujar Pratikno di Gedung Sekretaris Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (8/11).

Pratikno menuturkan, Sekretaris Militer Presiden memiliki tugas yang sangat strategis. Di antaranya mengurus administrasi tanda jasa, kenaikan pangkat anggota TNI dan Polri hingga pengamanan Presiden dan keluarga.

"Sesmil (Sekretaris Militer) itu tanggung jawab untuk administrasi SDM dari TNI, Polri di lingkungan Kemensetneg dan Seskab. Sesmil itu bertugas di pengamanan Presiden, keluarga, dan juga tamu negara sekaligus berkoordinasi dengan TNI, Polri terkait pengamanan itu tadi," terang dia.

Pratikno menepis pergantian itu terkait insiden demo 4 November lalu. Menurut dia, pergantian Sesmil semata karena Hadi Tjahjanto diangkat menjadi Dirjen Kementerian Pertahanan.

"Karena Pak Hadi sudah dilantik sebagai dirjen. Jadi Pak Hadi sempat merangkap jabatan sebagai Dirjen dan sebagai Sesmil beberapa hari. Sudah seminggu lebih ini. Nah karena sudah seminggu lebih ini merangkap jabatan kemudian kita segera melantik Pak Trisno," tuntasnya. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini