Marsekal Hadi Tjahjanto dinilai sangat paham alutsista TNI AU

Rabu, 18 Januari 2017 20:03 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Marsekal Hadi Tjahjanto dinilai sangat paham alutsista TNI AU Jokowi lantik KSAU Hadi Tjahjanto. ©2017 merdeka.com/titin supriatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) resmi melantik Marsekal Madya Hadi Tjahjanto menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) menggantikan Agus Supriatna. Anggota DPR Komisi I dari fraksi PDIP Charles Honoris menilai Jokowi telah mengambil keputusan tepat dengan menunjuk Hadi.

"Penunjukan Marsekal Hadi sebagai Kasau sudah tepat. Beliau memiliki track record yang baik selama berdinas di TNI," kata Charles melalui pesan tertulisnya, Rabu (18/1).

Charles menilai Hadi sangat memahami kondisi alutsista TNI terutama di Angkatan Udara. Oleh karena itu, dia menganggap mantan Irjen Kementerian Pertahanan mampu melakukan reformasi manajemen alutsista.

"Dalam dua tahun terakhir berbagai kecelakaan pesawat terbang mengharuskan TNI AU untuk segera melakukan reformasi manajemen alutsista. Marsekal Hadi adalah sosok yang tepat untuk melakukan itu," terangnya.

Komisi I menyatakan siap mendukung langkah Hadi untuk melakukan revitalisasi pesawat. Kebijakan untuk tidak lagi menerima pesawat hibah yang berpotensi menyebabkan kecelakaan juga patut diapresiasi.

"Kami tentunya sependapat dengan keinginan beliau untuk tidak lagi menerima hibah tetapi melakukan peremajaan pesawat dengan pesawat baru. Kami siap mendukung realisasi misi tersebut," tegasnya.

Politisi PDIP ini berharap misi Hadi meremajakan alutsista dan pesawat-pesawat milik TNI AU bisa menghindari kecelakaan yang sering terjadi.

"Ke depan kita harapkan tidak ada lagi kecelakaan-kecelakaan pesawat karena pesawat sudah tua atau perawatan tidak memadai. Prajurit kita berhak untuk berlatih dan bertempur menggunakan alutsista dengan kondisi terbaik," tandasnya.

Ditambah lagi, segudang pengalaman Hadi di militer dan pemerintahan diyakini dapat sejalan dengan visi misi presiden peningkatan kapasitas pertahanan udara Indonesia.

"Pengalaman Marsekal Hadi sebagai mantan Sesmilpres juga tentunya membawa nilai tambah bagi kepemimpinan beliau di TNI AU. Beliau pasti memahami visi misi presiden terkait peningkatan kapasitas pertahanan udara RI," ujar Charles.

"Saya berharap di bawah kepemimpinan Marsekal Hadi TNI AU bisa meningkatkan profesionalitasnya dan juga meningkatkan kemampuan pertahanan udara kita sesuai dengan Nawacita Jokowi-JK dan Trisakti Bung Karno. Selamat bertugas Marsekal Hadi," sambungnya.

[eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini