Mabes Polri kantongi hacker serang situs resmi KPU

Senin, 2 Juli 2018 18:27 Reporter : Merdeka
Mabes Polri kantongi hacker serang situs resmi KPU Situs KPU. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) infopemilu.kpu.go.id beberapa kali tidak bisa diakses. KPU mengklaim, situs tersebut sengaja dinonaktifkan untuk menangkal banyaknya hacker yang berusaha meretas.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, pihaknya terus memantau situs resmi KPU tersebut. Bahkan, ia mengklaim telah mengetahui hacker yang mengganggu laman penyelenggara pemilu tersebut.

"Kemarin KPU menyatakan mematikan (situs) karena memang ada hacker yang nyerang. Nah sekarang sedang diperbaiki. Kita dari Dit Siber juga ikut memantau siapa ini yang main. Kita sudah tahu lah," ujar Setyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (2/7).

Setyo meminta masyarakat bersabar dan menunggu pengumuman resmi KPU terkait hasil Pilkada 2018. Pihak-pihak yang merasa tidak puas dengan hasil pemilu diharapkan melakukan perlawanan sesuai dengan aturan.

"Jangan menggerakkan massa. Silakan ke MK (Mahkamah Konstitusi), mekanismenya kan begitu," ucapnya.

Sebab, menurut Setyo, pengerahan massa rawan terjadi gesekan dan memicu keributan. Meski begitu, dia memastikan Polri siap mengamankan tahapan Pilkada Serentak 2018 hingga sengketa hasil pemilu hingga tuntas.

"Kita sudah siap menghadapi situasi-situasi yang sudah kita prediksi sampai situasi yang terjelek pun, Polri sudah siap (mengamankan)," Setyo menandaskan.

Reporter: Nafiysul Qodar
Sumber : Liputan6.com [rhm]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini