Lumba-Lumba yang Tersesat di Sungai Kualah Labura Ditemukan Mati

Kamis, 31 Januari 2019 23:01 Reporter : Yan Muhardiansyah
Lumba-Lumba yang Tersesat di Sungai Kualah Labura Ditemukan Mati lumba-lumba yang tersesat di Sungai Kualuh. ©2019 Merdeka.com/Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Satu dari dua ekor lumba-lumba yang tersesat di Sungai Kualuh, Labuhanbatu Utara (Labura) Sumut tidak mampu bertahan. Satwa itu akhirnya mati mengapung di sungai.

Berdasarkan informasi dihimpun, lumba-lumba itu ditemukan tak bernyawa di aliran Sungai Kualuh, Desa Kuala Beringin, Kualuh Hulu, Labura, Rabu (30/1) sekitar pukul 18.00 WIB.

"Lumba-lumba itu ditemukan mengapung di sungai," kata Edi Mansur Pane, Kepala Desa Kuala Beringin, Edi Mansur, Kamis (31/1).

Penemuan bangkai mamalia itu mengundang perhatian warga. Tim dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut juga terjun untuk mengevakuasinya.

Edi berharap, seekor lumba-lumba lainnya segera dievakuasi. "Jangan sampai mati juga," ucap Edi.

Sementara itu, pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut belum bisa memastikan penyebab kematian lumba-lumba itu.

"Kita belum bisa menentukan penyebab kematiannya, kemarin posisi sudah malam," ucap Amenson Girsang, Kepala Seksi Perencanaan Perlindungan dan Pengawetan BBKSDA Sumut.

Dia mengatakan, bangkai lumba-lumba yang mati telah dikuburkan. "Sudah dikuburkan Labura, tidak kita bawa ke Medan tapi kita buatkan berita acaranya," sebut Amenson.

Seperti diberitakan, 2 ekor lumba-lumba muncul di Sungai Kualuh, sekitar Dusun II Ramean, Desa Kuala Beringin, Kualuh Hulu, Labuhan Batu Utara (Labura), Sumut. Kemunculan dua mamalia itu menjadi tontonan masyarakat sekitar sejak Minggu (27/1).

Sejumlah warga mengabadikan lumba-lumba itu. Bahkan banyak yang turun ke sungai sambil memegang telepon pintar. Video dan gambar mamalia di Sungai Kualuh itu pun banyak diunggah ke media sosial.

BBKSDA Sumut menduga lumba-lumba itu tersesat. Mamalia itu diduga terbawa air pasang laut sampai akhirnya terjebak di Sungai Kualuh. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini