Lawang Sewu Kembali Dibuka, Kuota Dibatasi Hanya 3.000 Pengunjung per Hari

Kamis, 9 Juli 2020 20:14 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Lawang Sewu Kembali Dibuka, Kuota Dibatasi Hanya 3.000 Pengunjung per Hari Lawang Sewu. Tabloidwisata.com

Merdeka.com - Objek wisata Lawang Sewu, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mulai diuji coba dibuka untuk publik. Pembatasan pengunjung dibatasi 43 persen setiap harinya, dan wajib menerapkan protokol kesehatan sebagai bagian kenormalan baru di masa pandemi Covid-19.

"Hanya 3.000 pengunjung yang boleh masuk dan mengutamakan pembayaran nontunai. Pengunjung kami batasi berdasarkan hitungan jumlah rata-rata setiap hari yang datang sekitar 6.000 wisatawan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Indriyasari, Kamis (9/7).

Dia menyebut, objek wisata Lawang Sewu merupakan tempat wisata ke-54 di Kota Semarang yang diperbolehkan beroperasi di masa pandemi Covid-19. Hingga kini, pihaknya telah meninjau kesiapan Lawang Sewu menyambut kembali wisatawan.

"Kita sudah cek, bahwa sudah siap untuk operasional. Jarak antrean di pintu masuk sudah ditata dan sudah disediakan tempat cuci," jelasnya.

Direktur Utama PT KA Wisata Totok Suryono mengatakan jumlah wisatawan yang diperkenankan masuk ke area museum maksimum tiga ribu orang. Penjualan tiket akan dihentikan apabila jumlah pengunjung sudah memenuhi kuota.

"Yang lebih penting kami sudah siapkan ruangan isolasi kalau ada kondisi darurat sebelum dibawa ke rumah sakit," kata Totok.

Sedangkan dalam pelaksanaan nanti, pihaknya menempatkan petugas untuk antisipasi kerumunan. "Setiap ada berkerumun pengunjung nanti petugas akan mendatangi dan beri tahu untuk jaga jarak, dan pemakaian masker," ungkap Totok Suryono. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini