Lapor Covid-19: RS di Jabodetabek, Jatim Hingga Yogyakarta Penuh

Selasa, 5 Januari 2021 14:16 Reporter : Supriatin
Lapor Covid-19: RS di Jabodetabek, Jatim Hingga Yogyakarta Penuh Kesibukan Tim Medis Membawa Pasien Covid-19. ©2020 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Dokter emergensi yang juga sukarelawan Lapor Covid-19, Tri Maharani, melaporkan keterpakaian tempat tidur Intensive Care Unit (ICU) rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) sudah penuh. Data ini tercatat mulai 1 hingga 5 Januari 2021.

"Hari kemarin ternyata untuk kapasitas ICU masih penuh dan yang ada adalah beberapa rumah sakit dengan isolasi tapi tanpa ventilator," katanya dalam Kelas Umum Pandemi virtual, Selasa (5/1).

Tak hanya Jabodetabek, ICU rumah sakit di Jawa Timur seperti RSUD Dr. Soetomo juga sudah penuh. Demikian juga rumah sakit yang ada di Yogyakarta.

"Yogyakarta juga penuh," kata dia.

Penuhnya ICU rumah sakit di Jabodetabek, Jawa Timur dan Yogyakarta disebabkan jumlah orang yang terpapar Covid-19 meningkat. Sementara itu, angka kematian Covid-19 meningkat.

Data Lapor Covid-19, kata Tri, tempat pemakaman umum (TPU) Pondok Ranggon Cipayung, Jakarta Timur, sudah tak bisa lagi menampung pasien Covid-19 yang meninggal. Sementara di TPU Tegal Alur, sebanyak 50 pasien Covid-19 dimakamkan setiap hari.

"Tegal Alur 2 Januari, saya datang mulai sore sampai jam 9 malam, sehari itu ada 50 kasus yang dimakamkan di Tegal Alur," tandasnya. [ray]

Baca juga:
Terdampak Pandemi, Serial Animasi Islami Nussa Berhenti Tayang
Puluhan Ribu Vaksin COVID-19 Tiba di Yogyakarta, Begini Tahap Pembagiannya
Membuka Lahan Pemakaman Khusus Covid-19 di Rorotan
Doni Monardo Minta Kepala Daerah Aktifkan Kembali Posko Covid-19
Satgas: Risiko Penularan Covid-19 Klaster Keluarga 10 Kali Lebih Tinggi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini