Lagu Jogja Istimewa Terinspirasi dari Sosok Sultan HB IX dan Soekarno

Selasa, 15 Januari 2019 19:52 Reporter : Purnomo Edi
Lagu Jogja Istimewa Terinspirasi dari Sosok Sultan HB IX dan Soekarno Marzuki Mohamad. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Marzuki Mohamad yang dikenal pula sebagai Kill The DJ menganggap lagu "Jogja Istimewa" merupakan lagu yang diilhami dari sejarah perjuangan Kota Yogyakarta. Selain itu, lagu tersebut adalah wujud kekaguman Marzuki kepada sosok Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan HB IX dan Presiden pertama RI Soekarno.

Marzuki mengungkapkan sebelum membuat lagu "Jogja Istimewa", dia membaca berbagai buku sejarah tentang Yogyakarta. Salah satunya adalah buku berjudul "Tahta Untuk Rakyat".

"Itu benar-benar saya ciptakan setelah saya membaca buku tentang sejarah Yogyakarta dan nilai-nilai tentang semangat Yogyakarta. Itu membaca Tahta Untuk Rakyat," ujar Marzuki di Mapolda DIY, Selasa (15/1).

Marzuki menerangkan dalam lagu "Jogja Istimewa" banyak terinspirasi dari sosok Sri Sultan HB IX. Selain itu juga banyak dipengaruhi oleh sosok Soekarno.

"Saya kagum sekali dengan Sultan HB IX. Juga banyak kalimat Soekarno yang banyak menginspirasi lagu itu," urai Marzuki.

Marzuki pun menceritakan jika lagu "Jogja Istimewa" bercerita tentang bagaimana suasana saat Yogyakarta ditunjuk menjadi Ibu Kota Indonesia saat revolusi. Lagu itu juga berisi tentang bagaimana masyarakat Yogyakarta dalam kesehariannya.

"Ketika itu Ibu Kota Indonesia dipindah di Yogyakarta, dan juga banyak budi pekerti lainnya yang hidup dan tumbuh di Yogyakarta," papar Marzuki. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini