KPK Minta Peningkatkan Penerimaan Pajak Daerah Didukung Transparansi

Rabu, 4 Desember 2019 22:05 Reporter : Darmadi Sasongko
KPK Minta Peningkatkan Penerimaan Pajak Daerah Didukung Transparansi Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan. ©2019 Merdeka.com/Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta peningkatkan penerimaan pajak daerah didukung pengelolaan keuangan yang transparan. Sehingga pajak yang disetorkan masyarakat benar-benar masuk ke kas daerah sebagaimana seharusnya.

"Ini salah satu action kami, bagaimana membantu meningkatkan pendapatan daerah. Acara ini khususnya, kita fokus bagaimana pembayaran pajak itu benar-benar masuk dalam kas daerah, sesuai dengan yang seharusnya," kata Basaria Panjaitan, Wakil Ketua KPK di Gedung DPRD Kota Malang, Rabu (4/11).

Basaria mengatakan, masih banyak potensi-potensi pajak daerah yang bisa ditingkatkan oleh Pemerintahan Daerah (Pemda) khususnya Kota Malang. Tetapi memang butuh sistem pengawasan, dimana KPK siap memfasilitasinya.

"Jadi pajak ini kita buat secara online, kita bantu dan fasilitasi untuk bekerja sama dengan bank daerah, kalau di sini Bank Jatim. Sehingga nanti dengan alat yang kita buat ini semua transparan dan semua terkontrol," ungkapnya.

Lewat alat tersebut bisa dilihat jumlah kenaikan pajak yang masuk ke Bank Jatim. Sistem yang sudah online tersebut pengawasannya bisa dilakukan oleh pemungut pajak, sehingga semua pendapatan masuk ke kas daerah.

Sekaligus akan memberikan kesadaran kepada para wajib pajak agar mengetahui bahwa pajak yang dipungut bukan menjadi hak bank atau petugas. Tetapi itu merupakan pajak yang dititipkan untuk diserahkan ke Pemda. Sehingga masyarakat semakin percaya dan tumbuh kesadaran menjalankan kewajiban.

Baca Selanjutnya: Sistem komputerisasi atau alat yang...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. KPK
  3. Basaria Panjaitan
  4. Pajak
  5. Malang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini