Kokohnya Jembatan Lama Kediri, Berusia Lebih Tua dari Jembatan Brooklyn

Sabtu, 9 Maret 2019 00:10 Reporter : Imam Mubarok
Kokohnya Jembatan Lama Kediri, Berusia Lebih Tua dari Jembatan Brooklyn Jembatan Lama Kediri. Istimewa

Merdeka.com - Amerika Serikat memiliki jembatan suspensi tertua yakni Jembatan Brooklyn yang selesai dibangun tahun 1883. Namun ternyata jembatan tersebut kalah tua dengan jembatan lama Kediri 'Brug Over den Brantas te Kediri', jembatan dengan konstruksi besi pertama di Jawa yang diresmikan pada 18 Maret 1869.

Pembangunan kedua jembatan ini memiliki teknologi canggih di masanya. Amerika dengan Jembatan Brooklyn adalah karya insinyur John Augustus Roebling, dan Belanda yang saat itu menjajah Bangsa Indonesia dengan 'Brug Over Den Brantas te Kediri' Jembatan Lama karya Sytze Westerbaan Muurling.

Desain Jembatan Brooklyn merupakan campuran suspensi/kabel topang, sedangkan Jembatan Lama Kota Kediri yang digambarkan jelas dalam buku 'Nieuw Nederlandsch Biografisch Woordenboek' adalah jembatan konstruksi besi pertama di Jawa.

Meski kedua jembatan ini tua, namun masih kalah tua dengan jembatan Jembatan Arkadiko, Yunani. Jembatan ini merupakan jembatan lengkung tertua yang masih digunakan. Dibangun selama Zaman Perunggu Yunani, sekitar 1300–1200 SM.

Jembatan ini dibangun sebagai bagian dari sistem jalan militer antara kota-kota Tiryns dan Epidauros pada zaman Mycenaean.

Sementara itu hal yang menarik, Jembatan Lama Kediri mengacu UU 11/2010 tentang Cagar Budaya, dalam waktu dekat akan dijadikan cagar budaya oleh Pemkot Kediri. Dan pada tanggal 18 Maret 2019, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar akan meresmikan Jembatan Lama Kota Kediri sebagai cagar budaya sekaligus meresmikan Jembatan Brawijaya yang berada di sampingnya.

"Insya Allah akan kita resmikan pada 18 Maret 2019 nanti, Jembatan Lama sebagai cagar budaya berusia 150 tahun," kata Abdullah Abu Bakar kepada merdeka.com, Jumat (8/3).

Jembatan bersejarah yang dibangun di era Belanda dan menjadi saksi perjuangan merebut kemerdekaan, jembatan ini juga menjadi saksi pernikahan Putri Juliana dan Pangeran Bernhard pada 7 Januari 1937.

Saat pernikahan Ratu Kerajaan Belanda yang memiliki nama lengkap Juliana Louise Marie Wilhelmina van Oranje-Nassau, Jembatan Lama Kota Kediri dihiasi dengan lampu yang sangat indah, dari ujung ke ujung jembatan. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini