Ketua MPR Dorong Anggota DPR Turun Langsung ke Lokasi Gempa di Aceh

Rabu, 8 Januari 2020 01:32 Reporter : Nur Habibie
Ketua MPR Dorong Anggota DPR Turun Langsung ke Lokasi Gempa di Aceh Ketua MPR Bambang Soesatyo. ©2019 Merdeka.com/Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Gempa kembali mengguncang Kota Aceh dengan kekuatan magnitudo 6,4. Gempa tersebut terjadi pada siang hari pukul 13:05:18 WIB, pada Selasa (7/1).

Dengan adanya gempa tersebut, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo ingin agar komisi-komisi yang terkait di DPR agar dapat meninjau ke Aceh langsung atau lokasi terjadinya gempa.

"Ya kami kan sifatnya, tapi kami masih ada. Saya kan juga anggota DPR, ya tentu saya akan mendorong komisi-komisi terkait untuk melakukan peninjauan dan mengantisipasi daripada bencana yang berdampak rakyat di sana," kata Bamsoet di Pengadegan, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (7/1).

"Intinya kita semua Parlemen mendorong pemerintah pusat maupun daerah untuk segera melakukan antisipasi termasuk juga badan-badan yang dibentuk oleh pemerintah untuk menghadapi bencana ini harus segera bergerak dan lebih responsif lagi," sambungnya.

Selain itu, ia merasa berduka cita atas adanya peristiwa gempa yang terjadi di Serambi Mekah. "Ya kami tentu berduka cita kalau memang terjadi," ujarnya.

Dengan adanya gempa tersebut, ia berharap tak ada korban yang berjatuhan di Kota Aceh. "Ya kita tentu yakin dan berdoa semoga tidak banyak korban yang jatuh dengan gempa skala 6,4 cukup besar itu. Semoga tidak ada korban jiwa," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, Gempa mengguncang kota Aceh siang ini, Selasa (7/1/2020) pukul 13:05:18 WIB. Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 6,4.

Melalui laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id, gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Gempa tersebut berlokasi 24 kilometer barat daya Sinabang, Aceh. Kedalaman gempa 13 kilometer dan berada pada titik 2.29 Lintang Utara-96.24 Bujur Timur.

Meski begitu, BMKG tetap mengeluarkan imbauan dan meminta warganya untuk tetap berhati-hati.

"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," tulis BMKG. [ded]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini