Kepala BNPB Pimpin Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku

Kamis, 23 Juni 2022 16:32 Reporter : Merdeka
Kepala BNPB Pimpin Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku Jokowi Lantik Suharyanto Jadi Kepala BNPB. ©Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, pemerintah sangat serius menghadapi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak, khususnya sapi dan kambing. Oleh karenanya, pemerintah membentuk satuan tugas (Satgas) penanganan PMK atas perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Bapak presiden sudah menyetujui struktur daripada Satgas Penanganan PMK yang nanti akan dipimpin oleh Kepala BNPB dan nanti diwakili wakilnya antara lain dari Dirjen Peternakan, Dirjen Bangda Kemendagri, Deputi Kemenko dan Asops Kapolri dan Panglima TNI. Struktur ini mirror dengan penanganan Covid," kata Airlangga saat jumpa pers di Istana Bogor, Kamis (23/6).

Airlangga melanjutkan, keputusan Satgas Penanganan PMK dicapai usai rapat internal yang dipimpin Jokowi dan dirinya. Selain itu, hadir mendampingi Menteri Agama. Menurut Airlangga, rapat juga memutuskan penanganan PMK dilakukan dengan berbasis level mikro seperti cara mengendalikan Covid-19.

"Jadi seperti penanganan Covid di Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini akan diberikan larangan daripada hewan hidup dalam hal ini sapi untuk bergerak," jelas Airlangga.

Sebagai informasi, penanganan level mikro akan dipetakan berdasarkan kecamatan dan dikategorikan sebagai daerah merah. Hingga saat ini, terdapat 1.765 dari 4.614 kecamatan atau 38 persen yang masuk kategori daerah merah. Nantinya, pemetaan secara rinci terhadap daerah merah akan dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri atau Inmendagri.

Reporter: M Radityo
Sumber: Liputan6.com [eko]

Baca juga:
Sapi Dimusnahkan Akibat PMK, Pemerintah Ganti Rugi Rp10 Juta
Pemerintah Setujui Pengadaan 29 Juta Dosis Vaksin PMK Pakai Anggaran PEN
Pemerintah Ganti Rugi Rp10 Juta Tiap Hewan Dimusnahkan karena PMK
Cegah Wabah PMK, Peternak di Kuningan Semprot Kaki Sapi dengan Cairan Ini
Vaksin PMK Terbatas, Ridwan Kamil Fokus Suntik Ternak Sehat
Mentan Syahrul Ungkap 180.000 Sapi di Indonesia Terjangkit PMK

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini