Kena Awan Panas, Satu Kamera Pemantau Gunung Merapi Rusak

Senin, 14 Oktober 2019 23:45 Reporter : Purnomo Edi
Kena Awan Panas, Satu Kamera Pemantau Gunung Merapi Rusak Gunung Merapi. ©2014 merdeka.com/yulistyo pratomo

Merdeka.com - Awan panas letusan yang terjadi di Gunung Merapi pada Senin (14/10) pukul 16.31 WIB menyebabkan satu kamera pemantau milik Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mengalami kerusakan. Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida membenarkan perihal rusaknya kamera pemantau Gunung Merapi tersebut.

Hanik menyebut kamera tersebut berada di bibir kawah dan kemungkinan rusak karena terkena semburan awan panas letusan.

"Iya betul ada kamera kita yang kemungkinan rusak. Kemungkinan kamera kita kena, untuk yang di bibir kawah. Kita belum identifikasi, tetapi yang jelas ada satu (yang rusak)," ujar Hanik di kantor BPPTKG, Senin (14/10).

"Itu kan benar-benar di bibir kawah. Jadi wajar kalau terlontar," sambung Hanik.

Hanik menambahkan meskipun ada kamera yang mengalami rusak namun tak mengganggu aktivitas pemantauan BPPTKG di Gunung Merapi.

Hanik menyebut BPPTKG masih memiliki banyak kamera pemantau lainnya yang terpasang di area Gunung Merapi. Sehingga aktivitas pemantauan dinilai Hanik masih bisa berjalan normal tanpa gangguan.

"Enggak mengganggu. Kan yang lain masih banyak. Yang di Pasar Bubar masih ada, yang di Pusung London masih ada, yang jarak 600 meter juga masih jalan," pungkas Hanik. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. Gunung Merapi
  2. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini