Keluarga penumpang MH370 berharap pesawat dicari sampai ditemukan

Kamis, 19 Januari 2017 00:38 Reporter : Yan Muhardiansyah
Keluarga penumpang MH370 berharap pesawat dicari sampai ditemukan Keluarga Sugianto Lo korban MH370. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Keluarga penumpang pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang mengakui sudah lama diberitahu soal penangguhan pencarian pesawat itu. Namun mereka tetap berharap pencarian benar-benar dipindahkan hingga pesawat itu ditemukan.

"Kami sudah tahu sejak beberapa waktu lalu. Kami diberitahu jika sampai bulan ini tidak ketemu di situ, maka akan ditangguhkan, karena berarti tidak ada di sana. Pencarian akan dilakukan di kawasan lain. Jadi bukan dihentikan," ucap Santi (43), adik dari Sugianto Lo (47), salah seorang penumpang MH370 yang hilang asal Medan kepada merdeka.com, Rabu (18/1).

Pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang pada 8 Maret 2014. Pesawat Boeing 777 itu membawa 239 orang terbang dari Kuala Lumpur menuju Beijing.

Sugianto Lo dan istrinya Vinny Chynthya Tio (47) merupakan 2 dari 7 WNI terdaftar sebagai penumpang pesawat itu. Selain WNI, penumpang pesawat itu terdiri atas 152 warga Cina, 38 orang Malaysia, 5 India, 7 Australia, 3 Prancis, 3 Amerika Serikat, 2 Selandia Baru, 2 Ukraina, 2 Kanada, dan masing-masing seorang dari Rusia, Italia, Taiwan, Belanda dan Austria.

Tiga negara yang terlibat dalam proses pencarian, Australia, China dan Malaysia memutuskan menghentikan pencarian di selatan Samudera Hindia. Kapal pencari disebutkan sudah menjelajahi 120 ribu km persegi di tanpa hasil apapun.

Santi berharap pencarian di lokasi baru dilakukan hingga pesawat benar-benar ditemukan. "Kami ingin terus dicari sampai ditemukan, karena kan aneh sekali, sudah tiga tahun tidak bisa ditemukan," katanya.

Perempuan ini mengatakan, keluarganya masih berduka dengan peristiwa itu. Terlebih saat ini menjelang perayaan Imlek. "Biasanya saat-saat begini, dia (Sugianto) yang mengatur semuanya. Karena dia anak tertua. Setelah ayah kami tidak ada, dia yang jadi kepala keluarga," pungkasnya. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini