Kapolda Papua sebut aksi kelompok bersenjata makin brutal, bakar kios warga

Senin, 6 November 2017 00:34 Reporter : Wisnoe Moerti
Kapolda Papua sebut aksi kelompok bersenjata makin brutal, bakar kios warga Kapolda Papua Irjen Boy Rafli. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli menyebut aksi teror yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di sekitar kawasan Tembagapura semakin brutal. Sebab sasarannya termasuk warga lokal. Terbaru, mereka melakukan pembakaran rumah yang sekaligus dijadikan kios di sekitar Utikini. Mereka juga disebut mengambil barang milik warga yang dijual, terutama sembako.

"Memang betul tadi pagi sekitar pukul 02.00 WIT saat cuaca berkabut cukup tebal, KKB membakar salah satu kios yang juga dijadikan rumah warga, namun kini sudah dikosongkan," ujar Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli seperti dilansir Antara, di Jayapura, Minggu (5/11).

Boy melanjutkan, setelah membakar kios, mereka sempat mengeluarkan tembakan sebelum kembali bergabung dengan kelompoknya di seberang kali kabur. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

"Teror yang dilakukan KKB sudah sangat meresahkan masyarakat di sekitarnya karena mereka juga menjadikan masyarakat sebagai tameng sehingga menyulitkan aparat keamanan untuk bergerak."

Mereka mudah melarikan diri dan menghilang dari kejaran polisi karena sudah sangat mengenal kondisi wilayah itu. Ditambah kondisi cuaca berkabut yang menyulitkan pengejaran.

Boy masih memberikan kesempatan kepada anggota KKB untuk menyerah sebelum aparat melakukan tindakan penegakan hukum. Jika kesempatan itu tidak diambil, Boy mengingatkan risikonya ditangkap dan diproses hukum.

"Wilayah hukum Polsek Tembagapura hingga kini masih diberlakukan siaga satu," ucap mantan kadiv Humas Mabes Polri ini. [noe]

Baca juga:
Kelompok bersenjata Tembagapura punya puluhan senpi, anggota 30 orang
Kapolda Papua sebut aksi kelompok bersenjata makin brutal, bakar kios warga
Menko Polhukam minta polisi buru & tangkap pelaku penembakan di Papua
Isu politik dan OPM di balik gejolak Papua
Usai insiden penembakan KKB, tenaga medis di Tembagapura dievakuasi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini