Jokowi Luruskan Soal Kebakaran Hutan: Bukan Tidak Ada, Turun Drastis

Senin, 18 Februari 2019 13:09 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Luruskan Soal Kebakaran Hutan: Bukan Tidak Ada, Turun Drastis Debat kedua Pilpres 2019. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo meluruskan pernyataannya yang menyebut selama tiga tahun terakhir sudah tidak pernah terjadi kebakaran hutan. Menurutnya, kebakaran tetap ada hanya jumlah sudah menurun.

"Artinya bukan tidak ada. Turun drastis, turun 85 persen lebih," kata Jokowi di Pandeglang, Banten, Senin (18/2).

Dia mengatakan saat ini pihaknya sudah bisa menekan angka kebakaran hutan dan lahan. Kemudian, kata dia, saat ini tidak ada lagi masalah asap yang sering dikomplain oleh Singapura dan Malaysia.

"Keluhan dari negara tetangga dalam tiga tahun ini, Singapura, Malaysia dapat dikatakan enggak ada komplain sama sekali. Itu yang kita maksudkan," ungkap Jokowi.

Dia juga meminta agar pernyataan saat debat yang kurang tepat terkait kebakaran hutan tidak dibesar-besarkan. "Jangan dilebih-lebihkan lah seperti itu datanya juga ada seperti biasa," ungkap Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan saat debat bahwa tidak pernah ada kebakaran hutan dalam tiga tahun terakhir. "Dalam tiga tahun ini tidak terjadi kebakaran lahan, hutan, kebakaran lahan gambut, dan itu adalah kerja keras kita semuanya," kata Jokowi. [did]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini