JK Anugerahkan Satyalancana Kebaktian Sosial ke Pendonor Darah Sukarela

Sabtu, 26 Januari 2019 13:06 Reporter : Intan Umbari Prihatin
JK Anugerahkan Satyalancana Kebaktian Sosial ke Pendonor Darah Sukarela Wapres JK Beri Penganugerahan bagi para Donor Darah Sukarela. ©2019 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan penganugerahan kepada 23 perwakilan para Donor Darah Sukarela (DDS) yang telah mencapai 100 kali. Mereka berasal dari 23 Provinsi.

Yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Riau, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, DKI Jakarta, DIY, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Papua.

JK berharap hasil yang didapat dari program DDS ini bisa meningkat terus. Sehingga dapat terus memperbaiki kualitas sumber darah di rumah saki.

Tidak hanya itu, JK yang juga sebagai Ketua PMI menjelaskan beberapa bulan ke depan pabrik kantor darah akan beroperasi di Tanah Air.

"Itu akan kita tingkatkan lagi untuk berbagi kegiatan, karena tadi disampaikan nanti Insya Allah beberapa bulan ke depan pabrik kantong darah sudah beroperasi. Kemudian vaksinasi darah dengan berbagai aturan sehingga memakan waktu yang lama," kata JK di Hotel Sahid Jakarta, Sabtu (26/1).

JK menjelaskan, saat ini PMI bisa mencapai target memenuhi ketersediaan kantong darah. Dari 3,4 juta kantong darah dan setelah diolah mencapai 5,4 juta.

"Sehingga dapat memenuhi kantong yang dapat memenuhi meningkatkan ketersediaan darah, bukan hanya bisa seminggu bisa sebulan untuk kita semua dan akan selalu meningkat. Apalagi dengan sistim kesehatan lewat BPJS, makin banyak masyarakat yang ke rumah sakit berarti makin banyak kebutuhan darah dibutuhkan untuk kita semua" kata JK.

Kegiatan yang digelar setiap tahun ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Republik Indonesia (RI) terhadap warganya yang telah melakukan kegiatan di bidang sosial. Provinsi Jawa Timur mengirimkan DDS 100 kali terbanyak dengan 353 orang.

Para DDS 100 kali terdiri dari 819 DDS laki-laki dan 21 DDS perempuan. Di antara para pendonor terdapat DDS 100 kali tertua, FX. Sudaryanto (75 tahun) dari Provinsi DKI Jakarta, DDS 100 kali termuda, Nico Samuel (40 tahun) dari Banten, DDS 100 kali termuda Apheresis, Agung Satriyo (29 tahun), DDS 100 kali terbanyak, Syahroni (61 tahun) dari DKI Jakarta dengan 143 kali berdonor. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini