Jelang Lebaran, pedagang cangkang ketupat mulai serbu Pasar Cikampek

Kamis, 14 Juni 2018 00:00 Reporter : Bram Salam
penjual kulit ketupat. ©2018 Merdeka.com/Bram Salam

Merdeka.com - Momen Hari Raya Idul Fitri tentu membawa berkah bagi seluruh umat muslim, tak terkecuali bagi para pedagang cangkang ketupat. Para pedagang cangkang makanan khas Lebaran tersebut mulai membanjiri pasar-pasar tradisional.

Pemandangan tersebut terjadi di Pasar Cikampek, Kabupaten Karawang. Para pedagang datang dari berbagai daerah di Jawa Barat, mereka datang berkelompok. Seperti sebagian besar pedagang cangkang ketupat di Pasar Cikampek ini adalah warga Cikalong Wetan Kabupaten Bandung.

Para pedagang menempati ruang kosong di pasar tersebut dengan memadati area di bawah jembatan layang. "Baru menggelar dagangan tadi pagi bersama teman-teman. Saya datang bareng," kata salah seorang pedagang cangkang ketupat, Burhan, Rabu (13/6).

Burhan menuturkan jika berjualan cangkang ketupat adalah pekerjaan rutin yang biasa dia dan kawan-kawannya lakukan setiap jelang Lebaran. Dengan keahliannya menganyam mereka berharap bisa mendapat untung besar.

"Ini bawa dari kampung 3.000 ketupat. Ya semoga laku, buat Lebaran di kampung," katanya.

Pedagang lainnya, Ajat mengaku biasa berjualan selongsong ketupat mulai H-2 Lebaran. Cangkang ketupat itu dibuatnya sendiri bersama anggota keluarganya selebihnya membawa lembaran janur ketupat yang belum diolah.

"Lumayan buat kebutuhan keluarga di hari Lebaran," tutur Ajat.

Ajat menjual cangkang ketupat buatannya dengan harga Rp 1.000 per buah. Adapun cangkang ketupat itu dijual dalam bentuk ikatan dengan harga Rp 10 ribu per ikat, berisi 10 ketupat. [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini