Jelang HUT OPM, Polri Klaim Situasi di Papua dan Papua Barat Aman

Jumat, 29 November 2019 16:36 Reporter : Merdeka
Jelang HUT OPM, Polri Klaim Situasi di Papua dan Papua Barat Aman Kabag Penum Div Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra menyampaikan, 1 Desember 2019 nanti jatuh pada hari Minggu. Artinya, itu menjadi hari ibadah rutin masyarakat Papua yang memang mayoritas beragama kristen.

"Pemerintah daerah menggelorakan semangat ibadah ini, sehingga tanggal 1 Desember itu fokus penyelenggaraan ibadah rutin," katanya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (29/11).

Menurutnya, situasi di Papua dan Papua Barat jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh pada tanggal 1 Desember, terbilang kondusif.

"Ditandai dengan seluruh aktivitas masyarakat, sentra ekonomi berjalan tertib sebagaimana hari-hari normal. TNI Polri dan pemerintah daerah melakukan upaya preventif dengan imbauan-imbauan. Patroli rutin ditingkatkan demi menjaga kondusifitas di Papua," jelasnya.

Selain itu, dia menambahkan, pada 1 Desember juga TNI Polri akan menggelar rangkaian kegiatan pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019.

Sementara soal kemungkinan adanya masyarakat Papua yang tetap turun ke jalan merayakan HUT OPM, sifatnya melihat bagaimana kondisi lapangan si hari tersebut.

"Kita lihat nanti," tutup Asep.

Reporter: Nanda Perdana Putra
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini