Jadi tuan rumah KTT OKI, Gambia undang Presiden Jokowi untuk hadir

Senin, 16 Juli 2018 14:44 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jadi tuan rumah KTT OKI, Gambia undang Presiden Jokowi untuk hadir JK bertemu Wapres Gambia. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima kunjungan kehormatan Wapres Gambia A. N. M Ousainou Darboe di Istana Wakil Presiden, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Pertemuan tersebut juga dihadiri Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Mereka berbicang selama 1 jam.

"Ini adalah pertemuan untuk meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Gambia," kata Wapres JK usai menemui Ousainou di Istana Wapres, Jalan Merdeka Selatan, Senin (16/7).

Ditemui terpisah, Retno menjelaskan Wapres Gambia mengundang Indonesia untuk hadir pada Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (KTT OKI) yang akan dilaksanakan pada November 2019.

"Mengundang Presiden untuk hadir ke KTT OKI, karena tahun depan dia akan menjadi ketua dari OKI yang saat ini sedang dipegang oleh Turki. Dan pada bulan November tahun depan Gambia akan tuan rumah dari KTT OKI," kata Retno

Kemudian, Retno juga menjelaskan untuk persiapan jadi tuan rumah KTT OKI, Indonesia akan memberikan pelatihan dalam bidang protokoler kepada Gambia.

"Oleh karena itu pada 2017 Indonesia sudah memberikan pelatihan dalam bidang keprotokolan. Jadi kita sudah mengirim tim keprotokolan, ke Gambia untuk protocol officer dari Gambia," papar Retno.

Gambia, kata Retno, masih membutuhkan latihan protokoler untuk persiapan KTT OKI tersebut. Karena itu Indonesia kata dia akan mengirimkan tim asesmen terkait masalah protokoler.

"Yang kedua yang diminta oleh Gambia melakukan assessment untuk masalah security. Tadi saya bahas lagi sama pak Wapres, jadi tim kita akan ke Gambia membantu mereka adalah untuk melakukan asesmen adalah dari keprotokolan dari kementerian luar negeri," papar Retno.

Diketahui Ousainou hadir sekitar pukul 11.20 WIB, Senin (16/7). Usai menyalami JK, dia mengisi buku tamu dan memasuki ruang pertemuan. Setelah itu dilanjutkan dengan makan siang bersama. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini