Ini Syarat Donor Plasma Bagi Mantan Penyintas Covid-19

Sabtu, 16 Januari 2021 21:04 Reporter : Imam Mubarok
Ini Syarat Donor Plasma Bagi Mantan Penyintas Covid-19 Hendi Jadi Relawan Donor Plasma Darah. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Lebih dari 50 orang penyintas Covid-19 di Kota Kediri melakukan wawancara di PMI Kota Kediri untuk menjadi pendonor plasma konvalesen sejak September 2020. Sampai Januari 2021, baru satu penyintas yang memenuhi syarat menjadi pendonor plasma konvalesen.

Hal tersebut disampaikan dr Ira Widyastuti, Kepala Unit Tranfusi Darah PMI Kota Kediri. Ia mengatakan, untuk mencari pendonor plasma konvalesen memang tidak mudah. Tidak semua penyintas bisa menyumbangkan plasma darahnya.

"Pun kalau sudah memenuhi syarat, pendonor juga harus sukarela, bukan paksaan. Jadi kalau masih ragu-ragu, kami pun tidak boleh memaksa," kata Ira, Sabtu (16/1).

Selain kerelaan, kriteria yang harus dipenuhi antara lain penyintas pernah didiagnosis sebagai pasien Covid-19 dengan hasil positif pada pemeriksaan RT-PCR Covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh dengan menunjukkan hasil negatif RT-PCR Covid-19.

"Donor plasma dilakukan dalam kurun waktu 3 bulan setelah negatif dan tanpa gejala. Nah, ada beberapa penyintas yang memenuhi syarat lain-lain, tapi ternyata sembuhnya sudah lebih dari 6 bulan jadi tidak memenuhi syarat," tambah Ira.

Selain sudah dinyatakan sembuh, penyintas tidak memiliki penyakit penyerta misalnya jantung, diabetes, hipertensi, dan tidak menerima transfusi darah.

Dalam hal usia, untuk laki-laki usia 18-60 tahun dan untuk perempuan belum pernah hamil dengan berat badan minimal 55 kg, tekanan darah sistole 90-160 mmHg-diastole 60-100 mmHg. Diutamakan yang sebelumnya pernah berpartisipasi dalam kegiatan donor darah.

Bila sudah memenuhi syarat-syarat tersebut di atas, pendonor juga mengisi formulir informed consent untuk donor plasma konvalesen. Selanjutnya, pelaksanaan pengambilan darah dengan metode aferesis dilaksanakan setelah hasil seleksi dinyatakan memenuhi persyaratan.

"Sejauh ini dari seleksi yang kami lakukan sejak September 2020, kami mewancarai lebih dari 50 orang penyintas yang bersedia datang ke PMI Kota Kediri, baru satu orang yang memenuhi semua kriteria. Kini beliau masih mempertimbangkan mau ikut donor atau tidak," terang Ira.

Bagi yang berminat untuk berpartisipasi menjadi pendonor plasma konvalesen, seleksi dilaksanakan di Unit Donor Darah PMI Kota Kediri pada hari Senin-Sabtu, pukul 08.00-17.00 WIB. [rnd]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini