Ini orang-orang yang mengaku anak dan cucu Soekarno, benarkah?

Jumat, 23 Oktober 2015 07:04 Reporter : Yulistyo Pratomo
Ini orang-orang yang mengaku anak dan cucu Soekarno, benarkah? Cucu Soekarno Chris Kline.
3. Chris Klein

Merdeka.com - Kepergian Soeharto membuat Chris Klein berani mengungkap jati dirinya. Dia mengaku sebagai salah satu dari anak Soekarno yang hilang.

Kline mengaku dilahirkan dari rahim Rukmini Sukarno. Rukmini disebutnya salah satu anak Soekarno yang diasingkan oleh pemerintahan Orde Baru dan bermukim di New York. Sang ibu merupakan penyanyi Opera yang namanya dikenal negara-negara barat.

Sebelum diasingkan oleh negerinya sendiri, Rukmini sempat menikahi seorang aktor asal Amerika Serikat, Franklin Latimore Kline. Rukmini sempat divonis 14 tahun penjara serta denda USD 10 ribu karena dituduh menggelapkan dana negara sebesar USD 5,5 juta.

Sepanjang hidupnya, Kline telah mengabdikan diri sebagai koresponden internasional untuk CNN dan Fox dan telah mendatangi banyak negara, kecuali Indonesia karena terdapat larangan pemerintahan Orde Baru. Dia mengaku kepergian Soeharto membuat kedatangannya untuk menengok asal usul keluarganya terbuka lebar.

"Saya adalah cucu dari pendiri Indonesia modern, Soekarno. Jenderal Soeharto telah mengkudeta dirinya dalam sebuah kup berdarah pada 1965, yang diam-diam dibantu secara antusias dengan AS, Inggris dan Australia," tulisnya seperti dikutip dari harian Independent.

Dalam tulisannya tersebut, Kline menuliskan beberapa kekejaman yang dilakukan oleh Soeharto terhadap sang ibu. Setelah kudeta berlangsung, Rukmini dan keluarganya dilarang berkunjung ke Indonesia dan diwarnai kekhawatiran di mana sepupunya Brigjen Sabur dipenjarakan Soeharto.

"Akhirnya, saya bisa mendekap asal usul saya," tutupnya.

Baca juga:
Kisah tim elite Marinir mau bebaskan Soekarno dari tahanan Soeharto
Semasa hidup, Rukmini anak Soekarno sempat tersandung masalah
Bule asal AS mengaku cucu Soekarno, ingin pulang ke Indonesia
Video: CIA jatuhkan Soekarno demi Freeport dan emas Papua
Politikus PDIP sebut Jokowi antitesa Soekarno

Topik berita Terkait:
  1. Soekarno
  2. Bung Karno
  3. Top List
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini