Ini 5 Dimensi Soekarno Yang Disebut Pemikir Besar Dari Timur

Minggu, 18 November 2018 03:32 Reporter : Merdeka
Ini 5 Dimensi Soekarno Yang Disebut Pemikir Besar Dari Timur Soekarno. ©2012 Merdeka.com/dok

Merdeka.com - Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah mengidolakan Presiden pertama RI Soekarno yang juga ayah dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin itu pun membenerkan 5 dimensi Sang Proklamator. Pertama, Bung Karno -sapaan Soekarno- disebut oleh Basarah sebagai pejuang pemikir dan pemikir pejuang.

Alasan yang dikemukakan Basarah lantaran Soekarno dianggap tidak hanya melibatkan diri dalam merebut kemerdekaan Indonesia, tetapi juga memikirkan konsep-konsep untuk mengisir penjajah dari Tanah Air.

"Ia menyiapkan konsepsi-konsepsi untuk melawan kolonialisme melalui konsepsi Perserikatan Nasional menjadi Partai Nasional Indonesia," ujar Basarah di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Sabtu (17/11/2018).

Dimensi kedua Bung Karno menurut Basarah adalah sebagai seorang idiolog. Basarah mengatakan Bung Karno merupakan seorang pemikir besar. Basarah mengatakan, seorang filsuf dari Inggris menjuluki Bung Karno sebagai seorang pemikir besar dari Timur.

"Saya kira julukan yang diberikan tidak berlebihan, karena sampai saat ini Bung Karno telah menerima 26 gelar doktor kausa dari perguruan dalam dan luar negeri, itulah penghargaan semasa hidupnya," kata Basarah.

Bung Karno juga disebut sebagai Proklamator Bangsa. Menurut Basarah, meski dalam keadaan sakit malaria, Bung Karno tetap memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 tepat pada Bulan Ramadan.

"Kalau saja Bung Karno tidak berhasil melawan penyakit malarianya dan tidak ada proklamasi 17 agustus 1945, barangkali belum tentu kita merayakan kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke 73 tahun," kata Basarah.

Dimensi keempat menurut Basarah adalah dimensi sebagai presiden RI pertama Indonesia. Soekarno disebut presiden terlama berkuasa sejak tahun 1945 sampai 1967.

"Dimensi yang kelima Bung karno merupakan tokoh dunia yang telah berhasil menggalang Konferensi Asis Afrika," kata Basarah. [ded]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini