Ingin ke Malaysia Secara Ilegal, 30 WN Bangladesh Diamankan

Rabu, 19 Desember 2018 01:37 Reporter : Yan Muhardiansyah
Ingin ke Malaysia Secara Ilegal, 30 WN Bangladesh Diamankan 30 WN Banglades di Sumut Ditangkap. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebanyak 30 warga negara (WN) Bangladesh diamankan polisi di kawasan Tanjung Tiram, Batubara, Sumut. Mereka berada di sana untuk menyeberang ke Malaysia secara ilegal.

Ke-30 WN Bangladesh itu diamankan personel Subdit IV/Renakta Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumut, Senin (17/12) kemarin. Seluruhnya telah dibawa ke Mapolda Sumut.

"Mereka kita amankan dari rumah salah seorang warga yang masih kita selidiki perannya," kata Kompol Reinhard Nainggolan, Kasubdit IV/Renakta Polda Sumut, Selasa (18/12) sore.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, ke-30 WN Bangladesh itu masuk ke Indonesia melalui jalur resmi, yakni via Bandara Soekarno Hatta lalu ke Bandara Kualanamu. Namun mereka berencana masuk ke Malaysia secara ilegal, melalui Pelabuhan Tanjung Tiram.

"Paspor dan visanya ada. Kita duga ini people smuggling. Masuknya resmi, keluarnya ilegal. Mereka ingin ke Malaysia untuk bekerja di sana," jelas Reinhard.

Untuk penanganan kasus ini, Polda Sumut akan berkoordinasi dengan Mabes Polri. Mereka juga mengejar warga negara Indonesia yang membantu penyelundupan manusia ini.

"Mereka mengaku membayar sejumlah uang kepada penampung mereka di sini. Kita juga berkoordinasi dengan pihak Imigrasi dan IOM," tutup Reinhard. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini