Gelombang Pengungsi dari Wamena Terus Berdatangan ke Makassar

Jumat, 4 Oktober 2019 16:09 Reporter : Salviah Ika Padmasari
Gelombang Pengungsi dari Wamena Terus Berdatangan ke Makassar Pengungsi dari Wamena di Makassar. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Gelombang pengungsi dari Wamena Papua ke Makassar Sulawesi Selatan masih terus berdatangan. Selain warga dari Sulsel, para pengungsi juga banyak yang berasal dari sejumlah daerah di Pulau Jawa dan Sumatera.

Hari ini, Jumat (4/10), pesawat Hercules TNI AU kembali membawa pengungsi sebanyak 50 orang, terdiri anak-anak dan dewasa. 39 di antaranya turun di Makassar dan 11 lainnya melanjutkan penerbangan ke Jakarta menuju daerah asalnya.

"Tadi mendarat lagi satu sortie Hercules dari Jayapura pukul 12.40 WITA memuat 50 orang pengungsi. Yang 11 di antaranya akan lanjut ke Jakarta, 39 orang lainnya turun di Makassar. Jadi hingga hari ini terhitung sejak 27 September lalu pengungsi datang dengan Hercules sudah lima sortie dengan total pengungsi 557 orang," kata Kasi Angkutan Lanud Sultan Hasanuddin Mayor Pnb Hendro Sukamdani kepada wartawan.

Pantauan di base ops Lanud Sultan Hasanuddin, kedatangan para pengungsi ini disambut sejumlah pihak. Hanya beberapa menit mereka istirahat, kemudian dibawa menggunakan truk menuju asrama haji. Di sana mereka menunggu jemputan keluarga.

Pejabat Walikota Makassar Iqbal Suaeb yang juga menyambut kedatangan pengungsi mengatakan, pagi tadi sekitar pukul 07.00 WITA dia menyambut kedatangan pengungsi di Pelabuhan Soekarno Hatta.

Kata dia, ada 56 orang pengungsi turun dari KM Gunung Dempo. Mereka akan lanjutkan perjalanan ke Kabupaten Pinrang, Maros, Takalar, Jeneponto, Palopo, Luwu Timur, Bulukumba.

"Sebenarnya pengungsi yang datang ini tidak semua dari Wamena, ada juga dari daerah lain tetangga Wamena tapi karena merasa ada tanda-tanda dan merasa tidak nyaman mungkin karena ada teror dan sejenisnya mereka pun memilih menjauhkan diri dan berangkat ke sini," terang Iqbal Suaeb. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini