Gaji Guru Honorer di Sumut Naik Jadi Rp90.000 per Jam

Senin, 25 November 2019 21:03 Reporter : Yan Muhardiansyah
Gaji Guru Honorer di Sumut Naik Jadi Rp90.000 per Jam Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bertemu guru. ©2019 Merdeka.com/Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengaku sudah menaikkan gaji guru honorer. Hal itu disampaikannya di sela ziarah ke makam pahlawan pada peringatan Hari Guru, Senin (25/11).

"Kita akan selalu perbaiki pendapatan-pendapatan guru ini. Kita kemarin baru menaikkan gaji guru honorer dari Rp40.000 menjadi Rp90.000 per jam mata pelajaran. Nanti kita lihat lagi ke depan," kata Edy.

Mantan Pangkostrad ini menyatakan, kesejahteraan guru harus menjadi perhatian. Sebab, mereka berperan penting membentuk karakter bangsa dan mencetak para pemimpin. Hal itu pula yang mendorongnya menziarahi Makam Pahlawan, Jalan Sisingamangaraja, Medan, di Hari Guru.

Sekitar 200 orang guru dari berbagai sekolah yang hadir pada acara ziarah dan tabur bunga di Makan Pahlawan. Mereka turut menaburkan bunga ke beberapa makam pahlawan.

"Pahlawan-pahlawan inilah soko guru kita, jadi wajarlah kalau kita menghargai perjuangan mereka di Hari Guru. Sekarang giliran kita mengisi kemerdekaan ini, dan guru punya peran yang besar untuk mengisi kemerdekaan itu, mendidik anak-anak kita, membentuk karakter bangsa," jelas Edy.

Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Arsyad Lubis, mengatakan, kenaikan honor menjadi Rp90.000 per jam mata pelajaran belum dapat menyejahterakan guru. Karena itu nilainya akan terus diperbaiki. "Disesuaikan dengan keuangan Pemda," ucapnya.

Baca Selanjutnya: Setahun Rp250 Miliar untuk Guru...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini