Fadli Zon Nilai Pemerintah Gaji Influencer Rp72 M Cara Amatir Atasi Dampak Corona

Rabu, 26 Februari 2020 20:33 Reporter : Ahda Bayhaqi
Fadli Zon Nilai Pemerintah Gaji Influencer Rp72 M Cara Amatir Atasi Dampak Corona Fadli Zon. ©2017 dok foto dok ri

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon menilai langkah pemerintah membayar influencer untuk menangkal dampak virus Corona terhadap pariwisata, sebagai cara amatiran. Apalagi, pemerintah sampai menggelontorkan duit sebanyak Rp72 miliar.

"Kalau soal influencer saya kira ini ya mungkin cara-cara yang agak amatiran ya saya lihat, untuk membayar influencer supaya menggenjot tourism kita karena dampak corona virus," ujar Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/2).

Fadli menilai, yang menjadi masalah ada kepercayaan dunia terhadap Indonesia. Menurutnya, Pemerintah seharusnya meyakinkan bahwa tidak ada virus corona.

"Kalau memang tidak ada corona virus di Indonesia, Pasti orang akan datang kok, enggak akan khawatir dan tidak akan takut. Enggak perlu ada influencer sebenernya gitu," kata dia.

Fadli khawatir, justru pemerintah menyembunyikan informasi terkait wabah corona di Indonesia karena takut sektor pariwisata menurun.

Mantan Wakil Ketua DPR itu menyarankan pemerintah mengumumkan jika ditemukan virus corona di Indonesia. Bahaya jika tidak dilakukan.

"Karena kalau ini nanti terjadi outbreak, karena kita diam-diam, menyembunyikan ini, ini saya kira sangat-sangat-sangat berbahaya dan menurut saya tanggung jawabnya akan berat begitu," jelas Fadli.

1 dari 1 halaman

Sebelumnya, Pemerintah Jokowi meluncurkan sejumlah strategi untuk mengatasi dampak menyebarnya virus corona, terutama untuk mengantisipasi melemahnya industri pariwisata dan membuat stimulus agar daya beli masyarakat dapat bertahan. Pemerintah meluncurkan beberapa insentif, termasuk menyediakan anggaran untuk influencer.

"Ada anggaran promosi (pariwisata) Rp103 miliar dan juga untuk kegiatan turisme sebesar Rp25 miliar dan 'influencer' sebanyak Rp72 miliar," ungkap Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Selasa (25/2).

Insentif lainnya yaitu untuk wisatawan mancanegara dengan alokasi tambahan sebesar Rp298,5 miliar yang terdiri dari alokasi untuk maskapai dan dan agen perjalanan diberikan diskon khusus ataupun semacam insentif totalnya Rp98,5 miliar. [ray]

Baca juga:
Ganjar Minta RSUP dr Kariadi Siaga Usai Pasien Diduga Corona Meninggal
Menko PMK Pastikan Pasien Meninggal di RS Kariadi Semarang Negatif Virus Corona
Corona di Negeri Konflik, Afghanistan Bersiap Hadapi Wabah
Diskon Tiket Pesawat Bakal Jadi 50 Persen Jika Wabah Virus Corona Belum Reda
Pramugari Korea Selatan Dikonfirmasi Terinfeksi Virus Corona, Ini 5 Faktanya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini