Fadli Zon Kembali Terpilih Jadi Ketua Umum HKTI

Jumat, 13 Maret 2020 18:30 Reporter : Tim Merdeka
Fadli Zon Kembali Terpilih Jadi Ketua Umum HKTI Fadli Zon HKTI. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Fadli Zon terpilih kembali sebagai Ketua Umum DPN (Dewan Pimpinan Nasional) HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) 2015-2020. Fadli terpilih secara aklamasi dalam Munas IX HKTI yang digelar di Auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta.

Munas yang dihadiri oleh 26 DPD (Dewan Perwakilan Daerah) HKTI itu, mengangkat tema "Sinergi untuk Daulat Pangan".

Dua puluh enam DPD yang hadir adalah DPD Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur. Lalu DPD Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Dalam pidato inagurasinya, Fadli menyampaikan di tengah situasi sulit seperti sekarang dibutuhkan kerjasama berbagai pihak untuk mendorong kemajuan petani dan sektor pertanian.

"Dulu, saat krisis 1997/1998, sektor pertanian masih bisa menjadi bemper penahan krisis. Namun, kini situasinya telah berbeda. Berbagai komoditas pertanian yang saat krisis 1998 dulu bisa jadi bantalan penahan krisis, kini harganya malah jatuh," kata Fadli, Jumat (14/3).

Demi kemajuan petani, Fadli menyampaikan butuh kerja sama. Masalahnya, dalam sepuluh tahun terakhir, HKTI sendiri dilanda perpecahan. Terjadi dualisme kepengurusan. Namun, berdasarkan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) terakhir HKTI, yang memberi mandat kepada Ketua Umum dan Sekjen untuk menjajaki proses rekonsiliasi, saat ini sedang dilakukan penjajakan reunifikasi HKTI.

"Dualisme kepengurusan selama ini telah menyulitkan sejumlah pengurus HKTI di daerah. Akhirnya jadi kurang optimal dalam membantu para petani. Demi kemaslahatan kaum tani, kita berharap bisa ada reunifikasi. Motifnya harus untuk petani, bukan untuk kepentingan politik pragmatis," ujar Fadli.

"Jadi, pembahasan mengenai reunifikasi ini dibuka guna mengembalikan soliditas HKTI dalam mendukung kemajuan petani dan pertanian Indonesia," tutup Fadli, yang juga Ketua BKSAP (Badan Kerja Sama Antar Parlemen) DPR RI.

Sebagai catatan, pada 2015 Fadli Zon terpilih sebagai Ketua Umum DPN HKTI menggantikan Prabowo Subianto. [ian]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fadli Zon
  3. Pertanian
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini