Eka Tjipta Widjaja, Pendiri Grup Sinar Mas Tutup Usia

Sabtu, 26 Januari 2019 22:39 Reporter : Merdeka
Eka Tjipta Widjaja, Pendiri Grup Sinar Mas Tutup Usia eka tjipta. ekatjiptafoundation.org

Merdeka.com - Kabar duka menyelimuti dunia usaha Indonesia. Pendiri grup Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja tutup usia pada Sabtu 26 Januari 2019 dalam usia 97 tahun.

"Telah meninggal dunia pendiri Sinar Mas, Bapak Eka Tjipta Widjada pada pukul 19.43 WIB, Sabtu 26 Januari 2019. Jenazah akan disemayamkan di rumah duka RSPAD Gatot Subruto," ujar Juru Bicara Grup Sinar Mas, Gandhi Sulistyanto, lewat pesan singkat yang diterima Liputan6.com.

Menurut informasi dari Gandhi, Eka Tjipta dilahirkan dari keluarga miskin di Fujian, daerah yang terletak di Republik Rakyat China. Pada tahun 1931, bersama ibunya dia melakukan migrasi ke Makassar, Sulawesi Selatan untuk menyusul ayahnya yang terlebih dahulu migrasi.

Eka Tjipta berhasil membangun perusahaannya Sinar Mas Group yang bergerak di berbagai sektor bisnis, mulai properti, perkebunan, industri pengolahan, hingga keuangan.

Salah satu divisi operasionalisasi bisnis yang terkenal dari Sinar Mas Group adalah APP (Asia Pulp & Paper), yang menaungi perusahaan-perusahaan penghasil pulp dan kertas Sinar Mas.

Berdasarkan ensiklopedia dunia maya Wikipedia, APP yang beroperasi di seluruh Indonesia itu merupakan salah satu penghasil pulp dan kertas terbesar di dunia, dengan kapasitas produksi sekitar 12 juta ton per tahun.

Eka Tjipta lahir pada 1921 di Quanzhou, Fujian, China. Dia meninggal dunia sekitar satu bulan sebelum mencapai usianya yang ke 98 tahun. Ia masuk daftar orang ketiga terkaya di Indonesia versi Forbes 2011 dengan kekayaan USD 8,6 miliar.

Reporter: Agustina Melani

Sumber: Liputan6.com [bal]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini