Diperiksa KPK Sembari Diborgol, Taufik Kurniawan Harap Diberi Petunjuk Allah SWT

Kamis, 3 Januari 2019 15:58 Reporter : Merdeka
Diperiksa KPK Sembari Diborgol, Taufik Kurniawan Harap Diberi Petunjuk Allah SWT Taufik Kurniawan. ©2019 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Tersangka kasus dugaan suap kasus dugaan suap pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen, Taufik Kurniawan, kembali menjalani pemeriksaan di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pemeriksaan Taufik kali ini terlihat berbeda.

Wakil ketua nonaktif DPR itu menjalani pemeriksaan dengan di tangan diborgol. Tahanan diborgol itu berlaku sejak Rabu (2/1) kemarin.

Pemborgolan para tahanan tertuang dalam peraturan KPK Nomor 01 Tahun 2012 Pasal 12 ayat (2) tentang Perawatan Tahanan pada Rumah Tahanan KPK. Pasal tersebut berbunyi 'dalam hal tahanan dibawa ke luar Rumah Tahanan (Rutan) dilakukan pemborgolan'.

"Saya hanya menghormati proses hukum, menghormati KPK. Yang kedua sebagai manusia muslim, saya mengharapkan petunjuk dari Allah sebagai diberikan jalan yang lurus," kata Taufik usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (3/1).

Taufik hanya 30 menit berada di gedung KPK. Dia keluar sekitar pukul 14.50 WIB.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, pihaknya memperpanjang penahanan politisi PAN itu selama 30 hari ke depan.

"TK (Taufik Kurniawan) diperpanjang penahanannya selama 30 hari ke depan terhitung 4 Januari sampai dengan 3 Februari 2019," ujar Febri saat dikonfirmasi.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Taufik Kurniawan sebagai tersangka. Taufik diduga menerima Rp 3,65 miliar yang merupakan bagian dari komitmen fee 5 persen atas Dana Alokasi Khusus (DAK) Kebumen yang disahkan sebesar Rp 93,37 miliar.

Taufik menerima suap tersebut dari Bupati nonaktif Kebumen Muhammad Yahya Fuad. Yahya sebelumnya sudah dijerat KPK dalam kasus suap DAK bersama delapan orang lainnya.

Reporter: Lizsa Egeham
Sumber: Liputan6.com [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini