Dimakamkan, jenazah Kiai Faqih disalatkan puluhan kali

Kamis, 1 Maret 2012 14:10 Reporter : Moch. Andriansyah
Dimakamkan, jenazah Kiai Faqih disalatkan puluhan kali KH Abdullah Faqih (dpwpknujatim.blogspot.com)

Merdeka.com - Ribuan pelayat memadati proses pemakaman pengasuh Pondok Pesantren Langitan KH Abdullah Faqih. jenazah almarhum sempat disalatkan sampai puluhan kali sebelum dimakamkan di kompleks pemakaman umum Desa Widang, Kecamatan Widang, Tuban.

"Almarhum dimakamkan pukul 12.00 WIB, di pemakaman umum, yang juga menjadi tempat makam keluarga di Desa Widang," kata Agus Ubaidillah Faqih, putra pertama Kiai Faqih saat dikonfirmasi melalui telpon selulernya, Kamis (1/3).

Sebelum disemayamkan di kompleks pemakaman umum, ratusan pelayat mendatangi kediaman Kiai Faqih yang berada di dalam area pondok pesantren. Para pelayat sebagian besar merupakan para alumni Ponpes Langitan. Mereka melakukan tahlil di aula masjid pondok, tempat jenazah disalatkan.

Banyaknya pelayat yang ingin mensalatkan Kiai Faqih, membuat pelaksanaan salat berlangsung puluhan kali dengan imam berbeda-beda. Penyebabnya, masjid yang berada di komplek Ponpes Langitan tidak mampu menampung jamaah dalam jumlah banyak sekaligus.

Beberapa ulama secara bergantian mengimami salat jenazah Kiai Faqih. "Ada kiai dari Lamongan, Sidoarjo, hingga kiai dari Pati, Jawa Tengah. Tidak ada pembatasan sampai berapa kali, saya sendiri tidak menghitung sudah berapa kali jenazah beliau disalatkan, sepertinya ada puluhan kali," tutur Agus Ubaidillah. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Berita Duka
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini