Deklarasi 15 Ribu Alumni Jatim #01 di Tugu Pahlawan Surabaya Bakal Dihadiri Jokowi

Selasa, 29 Januari 2019 00:38 Reporter : Moch. Andriansyah
Deklarasi 15 Ribu Alumni Jatim #01 di Tugu Pahlawan Surabaya Bakal Dihadiri Jokowi Jokowi sapa pendukung Alumni UI. ©2019 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Sekitar 15 ribu alumni kampus dan sekolah se-Jawa Timur dan Ormas siap mengumandangkan yel-yel dukungan untuk capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf. Acara bertema 'Jokowi Lagi' itu rencananya akan digelar di Tugu Pahlawan, Surabaya, 2 Februari mendatang.

"Dresscode dan yel-yel tiap komunitas alumni sudah dipersiapkan dengan tema Jokowi Lagi," kata Ketua Panitia Acara, Ermawan Wibisono, Senin (28/1).

Dia melanjutkan, pada kegiatan di area monumen perjuangan Arek-arek Suroboyo yang digelar komunitas Forum Alumni Jatim #01, itu juga dikemas dengan orasi kebangsaan oleh sembilan tokoh kampus. "Persiapan sudah tahap final. Setting panggung dan sound system sudah siap," kata dia.

Di acara deklarasi dukungan untuk Pilpres 2019 tersebut, Ermawan juga memastikan, Jokowi hadir. "Saya baru saja diundang rapat dengan kesekretariatan presdien, yang salah satunya membahas persiapan tanggal 2 Febuari nanti. Presiden akan hadir," ungkapnya.

Mengenai keamanan, Ermawan menegaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak polisi. "Termasuk di antaranya jadwal penutupan jalan, lokasi titik kumpul masing-masing komunitas alumni, dan keamanan peserta saat masuk area deklarasi."

"Kita juga melaporkan kesiapan peserta yang kita estimasi mencapai sekitar 15 ribu peserta itu, bahkan beberapa komunitas ada yang sudah mempersiapkan sekretariatnya untuk memperlancar komunikasi kesiapannya masing-masing," sambungnya.

Ermawan juga menginformasikan, bahwa gelar dukungan Jokowi-Ma'ruf ini merupakan inisiatif dari masing-masing alumni. Bukan atas nama institusi. Nama alumni, hanya sebagai identitas masing-masing komunitas.

"Jadi atas nama individu sebagai alumni kampus dan sekolahnya masing-masing, bukan atas nama institusi," tegas Ermawan.

Terkait sembilan tokoh kampus yang ditunjuk menjadi orator, Ermawan menyebut nama mantan Ketua Ika ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) Surabaya, Irnanda Laksanawan.

Selain Irnanda, juga ada alumnus Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang juga politikus PDI Perjuangan, Eva Kusuma Sundari serta beberapa tokoh kampus lainnya.

"Mereka akan melakukan orasi kebangsaan dengan tema Nawacita," tandas Ermawan. [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini