Buka 'Green Fest', Jokowi Sebut Perubahan Sangat Cepat Perlu Keberanian Bangun Sistem

Kamis, 31 Januari 2019 19:11 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Buka 'Green Fest', Jokowi Sebut Perubahan Sangat Cepat Perlu Keberanian Bangun Sistem Jokowi. ©2017 Merdeka.com/Istimewa

Merdeka.com - Presiden Jokowi membuka 'Green Fest' 2019 di JCC, Jakarta, Kamis (31/1). Jokowi berharap para milenial terus melakukan perubahan dan belajar agar tidak tertinggal dengan negara lain.

Tetapi, kata dia, jangan sampai perubahan mengubah kepribadian dan karakter Indonesia. Dia juga mempersilakan agar para kaum muda bisa membangun platform.

"Kalau ingin membangun platform sistem silakan, ingin membangun online sistem silakan. Karena sekarang ini perubahan sangat cepat. Perlu keberanian untuk ini," kata Jokowi di green fest 2019 di JCC, Jakarta, Kamis (31/1).

Salah satu caranya, kata Jokowi, dengan cara memberikan bantuan kepada para petani, sehingga bisa berinvestasi bersama dengan cara membagi hasil satu sama lain.

"Saya lihat itu sebuah platform yang sangat bagus sekali. Itulah perubahan. Perubahan itu sudah berjalan. Hal-hal yang baru seperti itu, inovasi-inovasi baru seperti itu," kata Jokowi.

Setelah itu Jokowi memanggil beberapa peserta untuk memberikan ide yang bisa menghasilkan. Mulai dari ingin membuat sel surya untuk Indonesia, mengembangkan bisnis kopi di Sumbawa, hingga memperbaiki pendidikan.

Jokowi mengatakan ide-ide tersebut bisa ditindak lanjuti oleh pemerintah. Karena itu, perlu adanya riset nasional.

"Konsolidasi dengan baik. Pemikiran tadi bisa kita tampung. Bisa kita realisasi," kata Jokowi. [dan]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini