Bonek datangi Kongres PSSI, pengamanan di Stasiun Maos diperketat

Sabtu, 7 Januari 2017 03:38 Reporter : Chandra Iswinarno
Bonek datangi Kongres PSSI, pengamanan di Stasiun Maos diperketat Pengamanan Stasiun Maos diperketat. ©2017 Merdeka.com/Chandra Iswinarno

Merdeka.com - Tingginya antusias pendukung Persebaya 1927 atau yang dikenal dengan Bonek untuk mendatangi kongres PSSI di Bandung Jawa Barat membuat Kepolisian Resor (Polres) Cilacap meningkatkan penjagaan di stasiun. Sebelumnya, Polres Cilacap melakukan pengawalan Bonek yang melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum.

Kepala Kepolisian Resor (Polres) Cilacap Ajun Komisaris Besar Yudo Hermanto mengemukakan, penjagaan dilakukan di Stasiun kereta api Maos hingga usai agenda kongres PSSI di Bandung. Polres Cilacap menurunkan puluhan personel untuk mengantisipasi keamanan di stasiun tersebut.

"Kami hanya melakukan langkah antisipasi dan pengamanan saja, karena kereta api yang ditumpangi suporter Persebaya hanya berhenti sekitar lima menit," ujarnya, Jumat (6/1).

Suporter Bonek yang menggunakan kereta api Pasundan jurusan Surabaya-Bandung pada Jumat (6/1) berjumlah mencapai 250-an orang. Dari informasi yang diperoleh Polres Cilacap, pendukung tim bajul ijo tersebut datang bergelombang menuju Bandung.

Lebih lanjut, ia mengemukakan antisipasi pengamanan keberangkatan suporter Bonek masih akan berlanjut hingga Sabtu (7/1). Pengamanan juga akan tetap dilanjutkan pada waktu kepulangan mereka ke Surabaya pada minggu depan.

"Kami tetap lakukan antisipasi pengamanan seperti biasa, baik saat pemberangkatan hingga kepulangan suporter Bonek baik yang menggunakan kereta api atau kendaraan lain," ujarnya.

Sementara itu, Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI Daop) 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko mengemukakan pihaknya terus memantau arus pergerakan Bonek di stasiun yang berada di wilayahnya. Pada Kamis (5/1) malam, Ixfan memperkirakan sekitar 150-an bonek tiba di Stasiun Kutoarjo.

"Kurang lebih 150 orang, (pendukung Persebaya) melintas dengan Kereta Pasundan. Untuk pengamanannya tetap kita tingkatkan, seperti yang dilakukan di Stasiun Surabaya Gubeng. Walau bukan di wilayah kota besar, kami berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan persuasif," ucapnya.

Selain itu, Ixfan mencatat, selain menggunakan KA Pasundan, pendukung Persebaya juga menggunakan KA Kutojaya Selatan, Kahuripan dan Logawa. Meski begitu, Ixfan mengakui Bonek yang akan mendatangi Bandung merupakan pendukung yang tertib.

"Mereka tertib. Mereka membeli tiket dan memakai kartu tanda pengenal yang sah juga," ucapnya. [tyo]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini